x

Lee Zii Jia Kena Semprot Lee Chong Wei Usai Soroti Aturan Tak Masuk Akal BAM

Jumat, 18 Agustus 2023 06:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengecam Lee Zii Jia dan pelatihnya Wong Tat Meng usai mengeluhkan aturan aneh yang diterapkan BAM.

FOOTBALL265.COM - Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengecam Lee Zii Jia dan pelatihnya Wong Tat Meng usai mengeluhkan aturan aneh yang diterapkan Asosiasi Badminton Malaysia (BAM).

Peraih dua kali medali emas tersebut mengatakan Lee Zii Jia sangat egois dan problematik lantaran tidak datang latihan di Akademi Badminton Malaysia (ABM) hanya karena kesal dengan aturan BAM.

Baca Juga

Sebelumnya, BAM mengeluarkan peraturan baru terkait pemain bulutangkis independen yang akan bertanding di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Yakni, pemain independen tidak boleh mengenakan jersey yang bertentangan dengan sponsor BAM. Tapi, untuk raket dan sepatu boleh menggunakan sponsor yang berbeda.

 “Lee Zii Jia adalah satu-satunya pemain yang sepertinya keberatan dengan peraturan ini,” kata Lee Chong Wei dilansir dari The Star.

“Saya tidak melihat Rosman Razak dan pemain independen binaannya seperti Ong Yew Sin dan Teo Ee Yi mengeluhkan hal ini,” lanjutnya.

Baca Juga

“Zii Jia dan pelatihnya mencoba membesar-besarkan masalah ini. Dia egois karena dia hanya memikirkan dirinya sendiri dan tidak memikirkan BAM atau pemain lain,” tambah Chong Wei.

Lee Zii Jia memang menjadi salah satu pebulutangkis independen, termasuk Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, yang diundang oleh BAM berlatih bersama bersama para pemain nasional.

Latihan bersama ini dilakukan dalam rangka persiapan menuju Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 yang akan digelar di Kopenhagen, Denmark, 21-27 Agustus 2023.

Untuk menggunakan jersey Li Ning seperti pemain pelatnas lainnya jelas akan jadi masalah bagi tunggal putra peringkat ke-13 ranking BWF tersebut.

Baca Juga

1. Lee Zii Jia Dianggap Tidak Menghormati BAM

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Pasalnya, Lee Zii Jia terikat kontrak dengan Victor yang menjadi sponsornya sekarang. Jika menggunakan jersey lain maka Lee Zii Jia akan dilakukan wanprestasi oleh sponsornya tersebut.

Namun sikap Lee Zii Jia dengan menolak menggunakan jersey Li-Ning dinilai oleh Lee Chong Wei sebagai sikap yang tidak menghormati BAM.

Baca Juga

Lee Chong Wei juga menekankan Lee Zii Jia seharusnya bersyukur BAM masih mau memberinya tumpangan tempat berlatih setelah sang pemain sempat kesusahan mencari sparring.

“Dia sudah membuang BAM dan sekarang mereka memberinya kesempatan untuk berlatih di sana sekali atau dua kali seminggu dan dia malah membuat masalah,” tambah Lee Chong Wei.

“Dia adalah satu-satunya pemain dengan banyak masalah. Saya bahkan belum mengomentari salah satu masalah dia karena terlalu banyak.”

“Kalau mau masuk dan berlatih di ABM, ya harus mengikuti aturan mereka. Jika dia tidak mau bekerja sama, dia boleh kok tidak latihan di sana,” semprot Lee Chong Wei mengakhiri komentarnya.

Baca Juga

Sebelum Lee Chong Wei berkomentar, masalah sponsor yang melibatkan BAM dan Lee Zii Jia ini memang sudah memanas dan viral di kalangan penggemar bulutangkis Malaysia.

Konflik dengan BAM saat ini jelas membuat Lee Zii Jia semakin pusing dengan persiapan jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 yang tinggal beberapa hari lagi.

Di tengah performanya yang jadi sorotan karena menurun drastis, Lee Zii Jia harus menghadapi lawan tangguh dari Indonesia yakni Jonatan Christie di pertandingan pertama.

Meski pernah menang di pertemuan terakhir di Denmark Open 2023,  Lee Zii Jia tetap harus mewaspadai Jonatan Christie yang belakangan tengah merangkak naik performanya. 

Baca Juga
Lee Chong WeiMalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini