x

Tekad Ahsan/Hendra dan Leo/Daniel di Babak 16 Besar Kejuaraan Dunia 2023

Kamis, 24 Agustus 2023 17:19 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
Ganda putra Indonesia, Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia atau BWF World Championships 2023 usai membungkam Giovanni Greco/David Salutt asal Italia.

Berlaga di Royal Arena, Copenhagen, Denmark, Rabu (23/08/23) malam WIB, ganda putra Indonesia yang dijulukki ‘The Daddies’ itu menang lewat dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-14.

Baca Juga

Sebenarnya, Ahsan/Hendra mengakui tak menganggap remeh sang rivalnya itu, meski ini merupakan kali pertama pertemuan The Daddies dengan Giovanni/David.

Ahsan/Hendra langsung tampil dominan pada gim pertama. Keduanya berhasil unggul jauh di interval pertama yakni dengan raihan skor 11-4. Berkat konsistensinya dalam menjaga fokus, gim pertama sukses dimenangkan wakil Indonesia lewat skor 21-12.

Baca Juga

Strategi tersebut kemudian diterapkan kembali saat memasuki gim kedua, yang mana keduanya langsung memimpin set pertama dengan skor 4-2.

Saling kejar point sempat terjadi di gim kedua, namun beruntungnya kemenangan kembali direngkuh The Daddies lewat skor 21-14.

Baca Juga

“Bersyukur bisa bermain baik. Dari awal berusaha bermain dengan pola permainan kami dulu. Kami tetap harus beradaptasi dengan lapangan dan shuttlecock, karena ini pertandingan pertama kami. Jadi, dari awal kami tidak mau lengah. Tetap fokus ke pertandingan,” ujar Hendra Setiawan, seperti keterangan tertulis yang diterima INDOSPORT.com, Kamis (24/08/23) WIB.

“Alhamdulillah dan bersyukur bisa menang. Tetapi, siapa pun lawannya, kami memang harus tetap fokus. Kami jangan sampai lengah atau memandang remeh lawan. Sebab, kalau lengah sedikit itu bisa berbahaya,” timpal Mohammad Ahsan.

Baca Juga

Selanjutnya, Ahsan/Hendra akan bersua dengan pasangan China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong di babak 16 besar Kejuaraan Dunia atau BWF World Championships 2023. Kendati begitu, keduanya mengaku bakal lebih meningkatkan fokus dan tak ingin terbebani dengan pencapaian tahun lalu.

“Untuk menghadapi babak 16 besar, tentu kami harus lebih fokus, karena lawan pasti akan bertambah berat. Kami akan selalu berusaha tampil maksimal saja setiap turun bertanding,” kata Hendra.

Baca Juga

1. Leo/Daniel Hadapi Ujian Berat

Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. (Foto: PBSI)

“Tahun lalu kami memang maju ke final di Kejuaraan Dunia di Tokyo. Tetapi hal itu sudah lalu berlalu. Kita lupakan hasil tahun lalu. Kami harus kembali fokus ke step by step dalam kejuaraan ini,” tutup Mohammad Ahsan.

Selain Ahsan/Hendra, pasangan ganda putra Indonesia lainnya yakni Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga sukses mengamankan tiket 16 besar kejuaraan dunia 2023 usai kalahkan pasangan Inggris, Ben Lane/Sean Vendy di babak 32 besar.

Bertanding di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark, Rabu (23/08/23) malam WIB, Leo/Daniel menang atas Ben Lane/Sean Vendy dengan skor 18-21, 21-19, 21-10.

“Tadi di gim awal, pola permainan kami belum keluar. Setelah itu dicoba di gim kedua dan ketiga. Ternyata bisa melewati babak kedua ini dengan baik dan menang,” ungkap Leo, Kamis (24/08/23) dini hari WIB.

“Perubahan yang terasa, di gim kedua dan ketiga, kami lebih menyerang. Terutama di gim ketiga, kami lebih banyak menurunkan bola agar tidak diserang. Sebaliknya, kami bisa menyerang,” lanjut Leo.

Senada dengan Leo, Daniel Marthin juga merasa bersyukur bisa lolos ke babak 16 besar BWF World Championships 2023 meski sejatinya bukan hal mudah dan perlu kerja ekstra untuk membungkam pasangan asal Inggris tersebut.

“Di gim kedua dan ketiga, kami lebih mengubah pola permainan dengan lebih menyerang agar dapat poin. Kami bisa bangkit dan bisa menemukan caranya untuk mengatasi permainan lawan. Tadi kami juga hanya berprinsip agar tidak banyak mati sendiri saja,” jelas Daniel.

Selanjutnya di babak 16 besar, Leo/Daniel akan menghadapi ujian berat lantaran akan bersua dengan unggulan kedua asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sendiri memiliki rekam jejak yang kurang positif saat bersua dengan Rankireddy/Shetty. Terbaru, mereka takluk di Japan Open 2023.

Kala itu, Leo/Daniel harus mengakui ketangguhan Rankireddy/Shetty di babak 16 besar Japan Open lewat tiga gim dengan skor 16-21, 21-11, 13-21.

Jika Leo/Daniel berhasil revans atas Rankireddy/Shetty, mereka akan mencetak sejarah dengan melaju ke babak perempat final Kejuaraan Dunia untuk pertama kalinya.

“Harapan saya, semoga bisa membawa gelar dan hasil terbaik dari kejuaraan ini. Terima kasih kepada para pecinta bulutangkis yang terus mendukung kami,” harap Leo.

“Tampil di Kejuaraan Dunia itu merupakan sebuah kebanggaan bagi saya. Apalagi ini merupakan kesempatan pertama. Kami harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin dan tidak boleh lengah,” tutup Daniel. 

Mohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini