x

Tembus Perempat Final, Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying Sah Jadi '2 Alien' Kejuaraan Dunia

Jumat, 25 Agustus 2023 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Sukses menembus babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying kini dinobatkan sebagai '2 alien' oleh BWF. Foto: PBSI

FOOTBALL265.COM - Sukses menembus babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying kini dinobatkan sebagai '2 alien' oleh BWF.

Laman Twitter BWF mengunggah fakta bahwa Hendra Setiawan dan Tai Tzu Ying lolos ke perempat final untuk delapan kali secara berturut-turut di Kejuaraan Dunia. Catatan ini merupakan rekor bagi pemain aktif. 

Baca Juga

Tai Tzu Ying sebagai pemain andalan Chinese Taipei, memang memiliki kans lebih besar untuk mengukir banyak rekor karena ia adalah pemain tunggal.

Beda halnya dengan Hendra Setiawan yang notabene adalah pemain spesialis ganda. Tidak banyak pemain ganda yang bisa konsisten dengan satu pasangan.

Faktanya, Hendra Setiawan berhasil mencicipi tujuh kali perempat final (revisi data BWF) bersama partner setianya, Mohammad Ahsan.

Pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tak sekadar bermain di perempat final, tetapi mereka langsung meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013.

Baca Juga

Pada edisi tahun 2014, mereka tersandung di babak kedua, saat kalah dari pasangan Thailand. Data BWF mestinya diperbaiki karena Daddies tidak lolos ke perempat final delapan kali beruntun.

Tetapi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 di Jakarta, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kembali ke jalur juara dan menyabet medali emas.

Pada edisi tahun 2017, The Daddies sempat berpisah dan Ahsan menggandeng Rian Agung Saputro. Mereka sukses melaju ke final, tetapi hanya sebagai runner-up.

Baca Juga

1. Ahsan/Hendra vs Kang/Seo

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 lalu. Foto: PBSI

Pasangan ganda putra Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan akhirnya kembali bereuni di Kejuaraan Dunia 2019. Bukan sekadar main di perempat final, tetapi mereka kembali menjadi juara.

Memasuki Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2020, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bertemu pasangan Chinese Taipei di babak perempat final, dan keluar jadi pemenang.

Baca Juga

Di semifinal, mereka mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Melaju ke final, The Daddies pun membekuk Takuro Hoki/Tugo Kobayashi. Medali emas kembali diraih.

Sayangnya di Kejuaraan Dunia 2021, tim Indonesia memilih walkout karena pandemi. Perjuangan mereka berlanjut di Kejuaraan Dunia 2022 yang dihelat di Jepang.

Ahsan/Hendra menjegal ganda India di perempat final, lalu bertemu lagi dengan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di semifinal. The Daddies kembali berjaya.

Sayangnya di babak final, Ahsan/Hendra kalah dari pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia, dan harus legawa meraih medali perak kembali.

Baca Juga

Beranjak ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan selamatkan wajah ganda putra Indonesia, dengan tiket ke babak perempat final.

Di babak delapan besar hari ini, Jumat (25/08/23), Ahsan/Hendra akan menghadapi Kang Min-hyuk Seo Seung-jae asal Korea Selatan.

Melihat head to head dari lima pertemuan terakhir, Ahsan/Hendra tertinggal 2-3 dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Namun dalam pertemuan terakhir di Japan Open 2023, The Daddies berhasil menang tiga set atas Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, dengan skor 12-21, 21-10, 21-19.

Baca Juga
Hendra SetiawanMohammad Ahsan/Hendra SetiawanTai Tzu YingBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World ChampionshipsKang Min-hyuk/Seo Seung-jae

Berita Terkini