x

Prediksi Ranking BWF Jonatan Christie Usai Tembus Semifinal China Open, Kejar Top 5

Sabtu, 9 September 2023 10:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie tembus ke semifinal China Open 2023. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Simak prediksi ranking BWF Jonatan Christie usai menembus semifinal China Open 2023. Dia membayangi para pemain di posisi top 5 tunggal putra terbaik dunia.

Ajang bulutangkis China Open 2023 Super 1000 digelar di Changzhou Olympic Sports Center Gymnasium, mulai pukul 09.00 WIB, live streaming di INews TV dan Vision+.

Baca Juga

Jonatan Christie menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil tembus ke semifinal China Open 2023, setelah mengalahkan Shesar Hiren Rhustavito dengan skor 21-12, 21-17.

Memasuki babak semifinal, Jonatan Christie akan menghadapi 'monster' tunggal putra, Viktor Axelsen asal Denmark. 

Apapun hasil dari pertandingan ini, Jonatan Christie dipastikan akan naik peringkat di ranking BWF, karena poin untuk turnamen BWF level Super 1000 ini sangat besar.

Dengan lolos ke semifinal China Open saja, Jonatan Christie sudah akan mendapatkan tambahan 8.400 poin. Angka ini berpotensi bertambah jika ia lolos ke partai final.

Baca Juga

Jonatan Christie sejauh ini mengantongi 69.221 poin, jika ditambah 8.400 poin dari China Open 2023, maka pekan ini ia akan memiliki setidaknya 77.621 poin.

Jonatan Christie sejatinya berpotensi naik ke posisi lima besar, membayangi Viktor Axelsen, Anthony Ginting, Kodai Naraoka, dan Kunlavut Vitidsarn.

Hanya saja, pemain yang saat ini menduduki peringkat kelima, Shi Yuqi juga lolos semifinal China Open 2023, sehingga ia juga memiliki tambahan poin yang sulit disalip Jonatan.

Dengan begitu, Jonatan Christie diprediksi akan naik ke peringkat ke-6 ranking BWF, menyalip posisi Prannoy HS (India), Li Shi Feng (China), dan Loh Kean Yew (Singapura).

Baca Juga

1. Jonatan Christie vs Viktor Axelsen

Viktor Axelsen dan Jonatan Christie di podium Japan Open 2023, kini keduanya bertemu lagi di semifinal China Open 2023. (Foto: PBSI)

Jonatan Christie bersyukur bisa melaju ke babak semifinal China Open 2023, setelah sebelumnya ia tersingkir cepat di Australia Open dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Jonatan kandas di babak kedua Australia Open usai dibegal Ng Tze Yong. Sementara di Kejuaraan Dunia, Jojo tersingkir di babak awal menghadapi wakil Malaysia juga, Lee Zii Jia.

Baca Juga

Saat itu, Jonatan Christie sempat patah hati dan pulang lebih cepat ke Indonesia. Ia pun bertekad membalasnya di China Open 2023.

"Satu hari setelah kalah di Kejuaraan Dunia, saya memutuskan untuk pulang, dan hal itu menurut saya ikut berpengaruh dengan performa saya di sini," tutur Jonatan.

"Dengan pulang duluan, saya jadi bisa lebih lama latihan, lebih fokus dan menghilangkan jetlag lebih cepat," tutur pebulu tangkis 25 tahun tersebut.

"Hari ini saya mau istirahat dulu, tidur yang cukup. Besok (Sabtu) baru diskusi dengan pelatih untuk menyiapkan laga semifinal," pungkas Jonatan Christie.

Baca Juga

Memasuki babak semifinal China Open 2023, Jonatan Christie akan menghadapi Viktor Axelsen. 

Jika melihat head to head dari 10 pertemuan sebelumnya, Jonatan Christie ialah 'pawang' Viktor Axelsen di tahun 2018, namun dari 5 laga terakhir, Axelsen selalu menang atas Jojo.

Pertemuan terakhir mereka di babak final Japan Open 2023 juga berhasil dimenangkan oleh 'Papa Vega' dengan sangat mudah, skor 7-21, 18-21.

Apakah kali ini Jonatan Christie mampu mencuri kemenangan, atau justru Viktor Axelsen yang akan melaju ke babak final dan meraih gelar perdananya di China Open?

Baca Juga
Jonatan ChristieViktor AxelsenChina OpenBulutangkisBerita BulutangkisRanking BWF

Berita Terkini