x

Hitung-hitungan Ranking BWF Fajar/Rian Agar Tidak Lengser di Hong Kong Open

Minggu, 10 September 2023 12:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Hong Kong Open 2023 akan menjadi ajang pertarungan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dalam mempertahankan status no. 1 Ranking BWF. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Hong Kong Open 2023 akan menjadi ajang pertarungan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dalam mempertahankan status nomor 1 Ranking BWF. Bagaimana hitung-hitungannya?

Ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, terhenti di babak 32 China Open 2023 dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Baca Juga

Hasil ini memperpanjang rekor buruk Fajar/Rian setelah Kejuaraan Dunia 2023, di mana kala itu mereka juga terhenti di babak 32 besar.

Meski demikian, posisi mereka tetap aman peringkat satu karena ganda peringkat dua, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty juga terhenti di babak 32 besar.

Namun, hal ini tak lantas membuat  Fajar/Rian terus menerus mengandalkan Dewi Fortuna karena rival lainnya, Liang Wei Keng/Wang Chang berpotensi mengudeta no. 1 ranking BWF.

Hal ini bisa terjadi jika ganda putra China tersebut berhasil menjadi juara di ajang China Open 2023, yang membuat  mereka terpaut kurang dari 1,000 poin dengan Fajar/Rian.

Baca Juga

Liang Wei Keng/Wang Chang sendiri tengah bersiap memperebutkan gelar juara China Open 2023 saat menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia pada partai final, Minggu (10/09/23).

Menurut cuitan Badminton Talk, Fajar/Rian setelah turnamen China Open hanya akan mengantongi 90,129 point usai hanya tampil di babak pembuka turnamen.

Sementara Liang/Wang diprediksi akan mendapatkan akumulasi poin 89,991 jika juara China Open atau sekitar 88,191 jika gagal mengalahkan Aaron/Soh.

Melihat perhitungan tersebut, Liang/Wang diprediksi akan menggeser posisi Rankireddy/Shetty sebagai ranking 2 BWF dan berpotensi menggusur Fajar/Rian jika tampil apik di Hong Kong Open.

Baca Juga

1. Fajar/Rian Harus Tampil Habis-Habisan di Hong Kong Open

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2023. (Foto: PBSI)

Hong Kong Open 2023 dijadwalkan akan berlangsung tepat setelah China Open 2023, yakni pada 12-17 September di Kowloon, Hong Kong.

Turnamen ini tidak hanya menyediakan hadiah uang senilai total 420.000 dolar AS, tetapi juga 9,200 poin tertinggi untuk juaranya.

Baca Juga

Jika melihat jarak poin antara Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Liang/Wang, maka menjadi juara Hong Kong Open adalah satu-satunya solusi Fajar/Rian tetap aman di peringkat 1 dunia.

Perhitungannya, Fajar/Rian akan mendapatkan tambahan poin 9,200 dengan juara Hong Kong Open untuk memperlebar jarak dengan Liang/Wang.

Dengan catatan lainnya, Lian/Wang tidak melaju jauh dari babak perempat final turnamen BWF Super 500 sedangkan Fajar/Rian melaju ke babak semifinal.

Namun, Hong Kong Open 2023 bukan jaminan posisi Fajar/Rian pada ranking BWF bisa aman. Mereka tetap harus mempertahankan poin juara mereka di Denmark Open 2023.

Baca Juga

“Ada kemungkinan bisa disalip di Hong Kong Open, tetapi kemungkinan besar bisa disalip di Denmark karena FajRi mempertahankan poin juara,” demikian cuitan Badminton Talk.

Lantas, seberapa besar peluang Fajar/Rian mengamankan gelar juara Hong Kong Open 2023 agar ranking 1 dunia mereka tidak disalip?

Menurut drawing Hong Kong Open 2023, Fajar/Rian akan menghadapi ganda putra Chinese Taipei, Su Ching-heng/Ye Wong-wei di babak pertama, sebelum berpotensi jumpa Akira Koga/Taichi Saito atau Lee Fang-chih/Lee Fang-jen pada babak kedua.

Memasuki perempat final, Fajar/Rian akan menghadapi jalanan terjal. Mereka berpotensi bertemu lagi dengan Astrup/Rasmussen atau Christo Popov/Toma Junior Popov.

Menarik untuk dinantikan apakah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa bangkit di turnamen bulutangkis Hong Kong Open 2023 atau malah merelakan kesempatan mempertahankan ranking 1 BWF direbut Liang Wei Keng/Wang Chan. 

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoChina OpenBulutangkisLiang Wei Keng/Wang ChangRanking BWFHong Kong Open

Berita Terkini