x

Viktor Axelsen Si Alien yang Samai Rekor Lin Dan Raih ‘Grand Slam’ Bulutangkis

Senin, 11 September 2023 11:43 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Viktor Axelsen bisa dibilang menjadi satu-satunya pebulutangkis yang mampu menyamai rekor milik Lin Dan dalam meraih gelar Grand Slam usai juara di China Open 2023.

FOOTBALL265.COM Viktor Axelsen bisa dibilang menjadi satu-satunya pebulutangkis yang mampu menyamai rekor milik Lin Dan dalam meraih gelar Grand Slam usai juara di China Open 2023.

Baru-baru ini Viktor Axelsen kembali menarik atensi karena berhasil menjadi juara di China Open 2023, Minggu (10/09/23).

Baca Juga

Axelsen sukses mengalahkan tuan rumah yakni Lu Guang Zu hanya dalam dua gim dengan skor 21-16 dan 21-19 di partai final ajang BWF Super 1000 tersebut.

Hasil ini selain menambahkan deretan trofi yang diraih oleh Axelsen dan mengukuhkan dirinya sebagai raja tunggal putra, namun juga membuat dirinya disebut sebagai peraih gelar Grand Slam.

Hal ini diketahui dari informasi yang ditambahkan oleh Gillian Clark atau Oma Gill selaku komentator kondang BWF.

Oma Gill mengatakan bahwa Axelsen akan menjadi satu-satunya pebulutangkis yang meraih title Grand Slam karena berhasil mengawinkan gelar BWF Super 1000 sepanjang tahun 2023.

Baca Juga

“Axelsen yang berusaha menambahkan gelar China Open 2023 ke dalam pencapaiannya, dengan demikian melengkapi karier Grand Slam di ajang Super 1000,” cuit Oma Gill.

Ya, Axelsen sejauh ini sudah mengumpulkan sejumlah gelar bergengsi seperti dua gelar All England, tiga gelar Indonesia Open, gelar Malaysia Open, Thailand Open 2021, Toyota Thailand 2021 dan Denmark Open 2021.

Sekadar informasi, dua ajang di Thailand Open 2021 dan Denmark Open 2021 sendiri memang berstatus sebagai turnamen BWF S1000.

Selain itu, sebelumnya diketahui tidak ada pemain atau pasangan lain yang memenangkan tiga event tersebut pada tahun 2021.

Baca Juga

Viktor Axelsen adalah satu-satunya pemain bulutangkis yang memiliki peluang untuk memenangkan gelar Grand Slam dari setiap event Super 1000 yang pernah berlangsung.

Namun sebelum Viktor Axelsen, meski hampir serupa, ada Lin Dan yang menjadi satu-satunya pebulutangkis yang berstatus sebagai sang predator peraih gelar Grand Slam.


1. Lin Dan Peraih Gelar Super Grand Slam

Viktor Axelsen bisa dibilang menjadi satu-satunya pebulutangkis yang mampu menyamai rekor milik Lin Dan dalam meraih gelar Grand Slam usai juara di China Open 2023.

Siapa yang tak kenal dengan sosok Lin Dan, legenda bulutangkis asal China yang menorehkan prestasi yang sangat gemilang.

Lin Dan sendiri mengawali kariernya sebagai pebulutangkis profesional pada awal tahun 2000-an, bersama Taufik Hidayat dan lainnya.

Baca Juga

Tercatat pebulutangkis kelahiran 14 Oktober 1983 itu telah menorehkan 665 kemenangan dan 128 kekalahan selama 20 tahun berkarier.

Berbagai gelar pun telah ia torehkan hingga berhasil mendapatkan title satu-satunya pebulutangkis yang sukses meraih Super Grand Slam.

Super Grand Slam sendiri julukan untuk pebulutangkis yang berhasil meraih sembilan gelar di turnamen utama.

Yakni Olimpiade, World Championships, World Cup, Thomas Cup, Sudirman Cup, Super Series Masters Finals, All England, Asian Games, and Asian Championship. 

Baca Juga

Sedagkan Axelsen sendiri sudah meraih Olimpiade, Kejuaraan Dunia, BWF World Tour Finals, All England, European Championships dan European Games serta sejumlah gelar di BWF Superseries.

Tercatat Axelsen sudah mengemas 509 kemenangan dan 146 kekalahan dari 655 pertandingan yang telah dilakoninya.

Sementara itu, Lin Dan meraih gelar Super Grand Slam tentu tidak mudah dan melalui perjalanan yang cukup panjang.

Pebulutangkis yang memiliki julukan Super Dan itu berhasil dua kali meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012.

Baca Juga

Kemudian lima gelar juara dunia pada 2006, 2007, 2009, 2011 dan 2013. Lalu berhasil membantu China meraih juara di Piala Thomas dan Piala Sudirman.

Selanjutnya ada sejumlah gelar individu yang sukses diraihnya hingga akhirnya berhasil dinobatkan sebagai satu-satunya pebulutangkis yang meraih Super Grand Slam.

Lin DanViktor AxelsenChina OpenBulutangkisIndepth

Berita Terkini