x

Coach Irwansyah Prediksi Kebangkitan Anthony Ginting di Asian Games, tapi Ada Syaratnya

Sabtu, 23 September 2023 15:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, memprediksi kebangkitan Anthony Sinisuka Ginting di Asian Games 2022.(Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, memprediksi kebangkitan Anthony Sinisuka Ginting di Asian Games 2022.

Anthony Ginting menjadi salah satu wakil bulutangkis Indonesia yang akan menunjukkan aksinya di pesta olahraga akbar Asia yakni Asian Games 2022.

Baca Juga

Irwansyah mengaku sangat optimistis Asian Games 2022 ini bisa menjadi titik balik Anthony Ginting setelah melalui masa sulit pada Agustus lalu.

Kala itu, Ginting merasakan duka karena sang ibunda yakni Lucia Sriati berpulang tepat setelah Ginting berlaga di turnamen bulutangkis S500, Australia Open 2023.

“Mudah-mudahan (Asian Games menjadi titik balik). Dengan latihan, dia (Ginting) dari setiap harinya sekarang, progresnya bagus. Dan dia juga berusaha untuk fokus,” kata Irwansyah dilansir dari Antaranews.

Namun, pelatih yang akrab disapa Coach Aboy tersebut selalu memberi dorongan kepada Ginting agar selalu menjaga fokus dan motivasi.

Baca Juga

“Yang saya selalu bilang, terus fokusnya dijaga dan motivasi terus, dan Alhamdulillah bisa. Mudah-mudahan, kita lihat di kejuaraan nanti sudah bisa tampil maksimal. Minta doanya, ya, semuanya,” ujarnya menambahkan.

Tidak mudah untuk Ginting kembali ke permainan terbaiknya setelah kepergian sang ibu. Namun, Irwansyah mengatakan Ginting dalam kondisi baik berkat dukungan tim tunggal putra Indonesia.

“Pelan-pelan. Makanya saya terus berusaha dan tim tunggal putra kita juga terus mencoba menguatkan dia, untuk menjaga terus supaya dia itu memang tetap bisa menjalankan latihan, dan kejuaraan ini juga penting buat dia,” kata Irwansyah.

Ginting yang mengamankan medali perunggu pada Asian Games 2018 sejatinya sudah menunjukkan tanda-tanda kebangkitan dari dua turnamen terakhir.

Baca Juga

1. Coach Irwansyah Tak Lelah Memotivasi Ginting

Anthony Sinisuka Ginting di Hong Kong Open 2023 (Foto: PBSI)

Usai absen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, pebulu tangkis peringkat 2 di ranking BWF itu kembali berlaga di China Open 2023. Namun, ia tampil kurang memuaskan.

Kala itu, Ginting harus mengakui keunggulan Kanta Tsuneyama di babak 32 besar dan gagal melaju ke 16 besar usai kalah dalam tiga gim ketat.

Baca Juga

Di turnamen selanjutnya yakni Hong Kong Open, Ginting tampil lebih baik dengan melaju hingga babak semifinal meski akhirnya dikalahkan oleh Kenta Nishimoto.

Penampilan Ginting hingga semifinal Hong Kong Open inilah yang membuat Irwansyah yakin bahwa Ginting hanya tinggal menunggu waktu saja untuk bangkit.

“Saya pribadi terus menjaga dan terus memotivasi dia untuk tidak ada perasaan yang kurang, gitu. Tetap, dia itu pemain yang bagus. Tinggal memang sedikit waktu saja untuk kembali seperti semula,” kata Irwansyah.

Anthony Ginting menjadi pebulu tangkis Indonesia yang tampil cukup gemilang di beberapa turnamen bulutangkis musim 2023.

Baca Juga

Tunggal putra jebolan PB SGS Bandung itu berhasil menyabet dua gelar juara yakni di Kejuaraan Asia serta Singapore Open 2023.

Tak hanya itu, Ginting juga sukses keluar sebagai runner-up di turnamen S1000 yakni Indonesia Open 2023 usai dikalahkan Viktor Axelsen di final.

Anthony Ginting akan tampil membela tim bulutangkis Indonesia di nomor beregu putra dan perorangan pada Asian Games 2022 yang dihelat di Hangzhou, China.

Di sektor tunggal putra, Indonesia juga mengirimkan Jonatan Christie yang baru keluar sebagai juara Hong Kong Open 2023 sekaligus peraih medali emas Asian Games 2018.

Baca Juga
Asian GamesAnthony Sinisuka GintingIrwansyahBulutangkisAsian Games 2022

Berita Terkini