x

PBSI Harus Simak! Pelatih Fisik asal Spanyol Bongkar Resep Anti Loyo Zheng Siwei/Huang Yaqiong

Minggu, 24 September 2023 16:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kehebatan dan kekuatan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ternyata juga berkat polesan pelatih fisik asal Spanyol, Cristian Luque Manjon.

FOOTBALL265.COM - Kehebatan dan kekuatan ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong ternyata juga berkat polesan pelatih fisik asal Spanyol, Cristian Luque Manjon.

Dalam lima tahun terakhir, Federasi Bulutangkis China, mengalami perkembangan menarik. Mereka tidak hanya mengandalkan kekuatan pelatih lokal tetapi juga internasional.

Baca Juga

Misalnya saja merekrut Kang Kyung-jin, mantan pelatih kepala bulutangkis Korea yang saat ini bertugas menangani ganda putri China.

Sementara di ganda campuran, China mendatangkan Cristian Luque Manjon yang memiliki pengalaman bekerja dengan beberapa atlet tenis.

Cristian Luque Manjon awalnya direkrut untuk menangani dua pasangan ganda campuran, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dong Ping serta tunggal putri Chen Yu Fei.

Namun kemudian setelah Olimpiade 2021 lalu, Manjon diminta fokus menangani pasangan nomor 1 dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Baca Juga

Mengatakan kepada BWF, Manjon harus melakukan berbagai penyesuaian saat pertama kali bertugas di China. Dia diberi tugas melatih kekuatan, menjaga kebugaran dan workout para pemain.

Jika pemain mengalami cedera, Manjon harus membantunya pulih sedia kala bersama tim medis, serta membantu pemain lakukan pemanasan sebelum bertanding.

Tugas paling menantang, diakui Manjon, menjaga kestabilan fisik dan konsistensi performa Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang telah berkuasa di top 1 ranking BWF dalam 6 tahun terakhir.

Bahkan saat Manjon tiba pertama kali, performa Zheng Siwei/Huang Yaqiong sudah sangat baik dan sedang di awal puncak karier terbaik mereka.

Baca Juga

1. Rahasia Zheng Siwei/Huang Yaqiong Selalu Tampil Prima

Zheng Siwei/Huang Yaqiong sukses menjadi juara Indonesia Masters 2020 usai kalahkan rekan senegara.

“Karena mereka nomor 1 dunia, mereka harus konsisten di semua kompetisi. Di setiap kompetisi yang mereka ikuti, targetnya harus menang,” ujar Manjon dilansir dari laman resmi BWF.

“Berusaha menjaga kondisi fisik tetap stabil sepanjang musim adalah tugas utama. Setelah menjalani turnamen, kami fokus pada pemulihan kemudian menyesuaikan beban lagi,” terangnya.

Baca Juga

Manjon menjelaskan porsi latihan Zheng Siwei berbeda dengan Huang Yaqiong. Siwei yang bermain di belakang harus menjaga kekuatan dan menjaga agar tidak cedera, sedangkan Yaqiong fokus pada koordinasi tangan dan mata karena posisinya di depan.

“Untuk Yaqiong, latihannya untuk meningkatkan gerakan lateral, koordinasi tangan dan mata, karena dia hanya memiliki waktu sedikit dan jaraknya dekat dengan net. Siwei memiliki gaya permainan sangat agresif dan sangat bertenaga, jadi baginya pengurangan cedera,” terang Manjon.

“Workout baginya (Siwei) sangatlah penting, dan berusaha meningkatkan kekuatan dan kapasitas yang tepat agar langsung pulih setelah kompetisi dan latihan. Istirahat dan tidur juga penting. Latihan non teknis juga bagian dari latihan.”

Dengan Zheng Siwei/Huang Yaqiong sudah menjadi ganda campuran no.1 selama bertahun-tahun, Majon menekankan pentingnya menjaga mental.

Baca Juga

“Saya pikir mentalitas yang kuat juga penting karena mereka sudah melalui banyak situasi sulit. … Bagi atlet seperti mereka, mempunyai mental yang sangat kuat dan mampu tetap tenang dalam situasi genting pertandingan,” lanjut Manjon.

Terlepas dari hal tersebut, Manjon menekankan bahwa menjaga kestabilan mental tidak selalu mudah. Meski sudah latihan intensif dan fokus selama latihan, terkadang akan buyar di kompetisi.

Zheng Siwei/Huang Yaqiong sendiri saat ini tengah fokus membela China di ajang Asian Games 2022 yang dilangsungkan di Hangzhou mulai 23 September hingga 7 Oktober mendatang.

Pada edisi 2018 di Jakarta-Palembang lalu, Zheng Siwei/Huang Yaqiong berhasil mempersembahkan medali emas untuk nomor beregu campuran dan ganda campuran di nomor perorangan. 

Baca Juga
ChinaBulutangkisZheng Siwei/Huang YaqiongAsosiasi Bulutangkis China (CBA)

Berita Terkini