x

Skandal Kontroversial Mantan Rival Taufik Hidayat, BWF Sampai Geram!

Kamis, 12 Oktober 2023 15:58 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Joachim Persson, legenda bulutangkis Denmark yang dulu pernah jadi rival Taufik Hidayat. Foto: Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images.

FOOTBALL265.COM – Kilas balik skandal kontroversial eks rival Taufik Hidayat yakni di French Open 2010 yakni Joachim Persson yang membuat BWF geram.

Turnamen bulutangkis level super 750 yang juga menjadi ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024 yakni French Open 2023 sebentar lagi bakal dihelat pada 24-29 Oktober.

Baca Juga

Namun, sebelum menyongsong turnamen yang memperebutkan total hadiah hingga 420 ribu dolar itu, mari mengenang sejenak skandal kontroversial Joachim Persson yang merupakan rival Taufik Hidayat di French Open 2010.

Mantan pebulu tangkis Denmark itu juga dikenal sebagi musuh berat legenda bulutangkis tunggal putra Indonesia yakni Taufik Hidayat.

Lahir di Slagelse, Denmark, pada 23 Mei 1983, Joachim merupakan legenda tunggal putra Denmark yang sukses menorehkan beragam prestasi.

Salah satu capaian terbaik Joachim Persson adalah berhasil keluar sebagai runner-up di Denmark Open 2008 dan French Open 2010.

Di final Denmark Open 2008, ia kalah dari rekan sekomptriotnya, Peter Gade, sedangkan di final French Open 2010, ia kalah dari legenda Indonesia, Taufik Hidayat.

Baca Juga

Joachim kalah dari Taufik Hidayat dengan skor akhir 16-21, 11-21 pada 7 November 2010 sekaligus membuat legenda Indonesia tersebut memastikan gelar perdananya di kota Paris.

Namun, dilansir dari thehindu.com, pada 2019 Joachim malah dinyatakan bersalah oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terkait pengaturan skor.

Mantan tunggal putra peringkat 6 di ranking BWF itu telah melanggar empat kode etik terkait dengan pertaruhan dan hasil pertandingan.

Joachim yang dianggap tidak kooperatif selama menjalani pemeriksaan dan investigasi oleh BWF diharuskan membayar denda sebesar 4.500 dolar AS atau setara Rp63 juta.

Tak hanya itu, pebulu tangkis 36 tahun tersebut juga dihukum larangan bermain setelah dinyatakan melakukan korupsi dan terlibat dalam pengaturan pertandingan.

Baca Juga

1. Sekilas Joachim Persson

Joachim Persson, legenda bulutangkis Denmark yang dulu pernah jadi rival Taufik Hidayat. Foto: Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images.

Seperti diketahui, legenda tunggal putra Denmark yang paling dikenal oleh Badminton Lovers atau penggemar bulutangkis adalah Peter Gade.

Namun, tak hanya Peter Gade, salah satu tunggal putra Denmark yang cukup berprestasi adalah Joachim Persson yang juga dikenal sebagai rival Taufik Hidayat.

Baca Juga

Legenda bulutangkis yang pernah menduduki peringkat 6 di ranking BWF itu pernah menjadi bagian kesuksesan tim putra Denmark menyabet medali perunggu Piala Thomas 2006.

Torehan Joachim Persson di main event sendiri cukup beragam seperti medali perak dan perunggu Kejuaraan Eropa hingga medali emas di nomor beregu.

Namun, kariernya memang tak segemilang Peter Gade. Joachim tercatat hanya berhasil menyabet dua runner-up di Denmark Open 2008 dan French Open 2010.

Pertandingan di French Open 2010 tentu tak bakal dilupakan. Pasalnya, di partai final ia takluk dari legenda bulutangkis Indonesia yakni Taufik Hidayat.

Baca Juga

Kiprah Joachim di French Open 2010 sendiri cukup mentereng. Ia berhasil melaju ke final dengan mengalahkan pebulu tangkis papan atas dunia.

Salah satunya adalah mengalahkan rekan senegara sekaligus unggulan pertama yakni Peter Gade di babak semifinal dengan skor 21-14, 16-21, 21-17.

Sayangnya, di partai final French Open 2010 ia harus takluk dari Taufik Hidayat yang berstatus sebagai unggulan kedua dalam dua gim mudah.

Sementara itu, usai dijatuhi hukuman oleh BWF, Joachim Persson jarang terdengar kabarnya. Terbaru, ia didapuk menjadi pelatih Anders Antonsen usai keluar dari Pelatnas Denmark.

Baca Juga
BWFTaufik HidayatIn Depth SportsFrench OpenBulutangkisJoachim PerssonBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini