x

Peluang Kevin/Rahmat Akhiri Kutukan Buruk Indonesia di Korea Masters 2023

Sabtu, 4 November 2023 14:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tak satu pun pemain Indonesia yang berhasil menjadi juara di Korea Masters, tetapi Kevin/Rahmat bisa saja berpeluang mengakhiri kutukan tersebut. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM – Tak satu pun pemain Indonesia yang berhasil menjadi juara di Korea Masters, tetapi Kevin/Rahmat bisa saja berpeluang mengakhiri kutukan tersebut.

Sejumlah pebulu tangkis papan atas kini tengah bersiap untuk unjuk gigi dan meramaikan turnamen Korea Masters 2023.

Baca Juga

Turnamen level BWF Super 300 ini bakal berlangsung di Gwangju pada Selasa (07/11/23) hingga Minggu (12/11/23) mendatang.

Jika gelaran Korea Open 2022 lalu tim bulutangkis mengirimkan lima wakil saja, kini kontingen yang turun di ajang ini bertambah dua orang.

Yakni jika tak ada perubahan, PBSI mengirimkan skuad mini berisikan tujuh wakil yang terdiri dari 2 tunggal putra, 3 tunggal putri, 1 ganda putradan,  dan 1 ganda campuran yang hampir seluruhnya pemain muda.

Dua tunggal putra tersebut ialah Shesar Hiren dan Alwi Farhan. Lalu ada Putri KW, Komang Ayu dan Ester Nurumi di tunggal putri.

Baca Juga

Kemudian ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat yang akan debut di ganda putra, serta ada Adnan Maulana/Nita Violina di ganda campuran.

Tujuh wakil Indonesia itu pun diharapkan bisa tampil gemilang dan memetik hasil apik sekaligus mengakhiri kutukan di Korea Masters 2023.

Terutama Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat, yang meski baru akan debut tapi mengemban beban untuk pecah telur di ajang tersebut.

Pasalnya sejak digelar pada 2007, belum ada satu pun wakil Indonesia yang mencicipi gelar juara di ajang Korea Masters.

Baca Juga

1. Kans Kevin/Rahmat Akhiri Kutukan di Korea Masters 2023

Rahmat Hidayat, Tandem Baru Kevin Sanjaya, usai sesi latihan di PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (09/08/23). (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT)

Digelar di Korea Selatan, turnamen bulutangkis ini didominasi mutlak oleh para pebulu tangkis dari negeri ginseng tersebut.

Tercatat, Korea Selatan sudah memenangi 58 gelar sepanjang gelaran ajang ini, unggul sangat jauh dari China dan Jepang yang berada di posisi kedua dengan hanya 6 dan 4 gelar.

Baca Juga

Pebulu tangkis Indonesia sendiri sama sekali belum pernah meraih satu pun gelar pada sepanjang sejarah gelaran Korea Masters.

Prestasi terbaik pebulu tangkis Indonesia sendiri dicatatkan oleh Aprilia Yuswandari pada Korea Masters 2012, yang menjadi runner-up.

Maka tak heran jika para pebulu tangkis Indonesia yang tampil di Korea Masters 2023 ini mengemban beban berat.

Apalagi bagi Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat yang menjadi tulang punggung di ganda putra, yang tentu memiliki ekpektasi tinggi dari masyakarat.

Baca Juga

Pola dan Gaya Permainan yang Belum Bisa Dibaca Lawan

Meski sulit, tetapi bukan tak mungkin jika pasangan yang dijuluki KeRamat itu bisa menjadi juara karena beberapa faktor.

Salah satunya ini bisa menjadi kesempatan bagi Kevin/Rahmat, mengingat ganda putra lainnya tentu tak paham betul tentang pola dan gaya permainan mereka karena belum pernah bertemu sebelumnya.

Pasalnya, ada beberapa contoh pasangan baru sempat menyusahkan ganda putra papan atas dunia. Sebut saja seperti Liu Yuchen yang berpasangan dengan Ou Xuanyi.

Liu/Ou, yang baru dipasangkan pada 2022 lalu, langsung menyabet runner-up di dua turnamen seperti German Open dan Korea Masters serta gelar bergengsi lainnya.

Baca Juga

Banyak Pemain Bintang yang Absen

Peluang Kevin/Rahmat untuk menunjukkan tajinya hingga babak akhir pun terbuka lebar karena banyaknya pemain ganda putra yang absen.

Hal ini dikarenakan sejumlah pasangan memutuskan absen karena status Korea Masters merupakan turnamen bulutangkis dengan level super 300.

Selain itu pada ajang Korea Masters sendiri lawan terberat bagi Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat adalah Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae di unggulan pertama dan Lee Yang/Wang Chi Lin unggulan kedua.

Kevin/Rahmat sendiri akan menghadapi ganda putra Korea Selatan, Ji Yong/Ki Dong-ju di babak pertama dan diprediksi dapat melaju ke babak kedua.

Barulah di babak kedua, Kevin/Rahmat itu berpotensi menghadapi unggulan ketiga yakni Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan.

Sama-sama Pasangan Berpengalaman

Kehadiran Kevin/Rahmat di Korea Masters menarik banyak atensi dan salah satu yang paling dinantikan oleh Badminton Lovers.

Bagaimana tidak, Kevin Sanjaya merupakan mantan ganda putra yang pernah bertengger di peringkat satu dunia berpasangan dengan Marcus Gideon dan telah mencatatkan segudang prestasi.

Di sisi lain,Rahmat Hidayat juga bukan sosok yang asing di kalangan penggemar bulutangkis Indonesia. ia merupakan partner dari Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

Namanya mulai melambung ketika menjadi pasangan sementara Pramudya Kusumawardana, di mana kala itu Yeremia Rambitan harus absen di turnamen karena cedera.

Bersama dengan Pramudya, Rahmat Hidayat berhasil menyabet gelar juara di Indonesia turnamen BWF level super 100 yakni Indonesia Masters 2022.

Maka pasangan Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat besar kemungkinan dapat membuat kejutan di Korea Masters 2023 dan diharapkan bisa menyumbang gelar pertama untuk Indonesia meski dirasa sulit.

Korea MastersBulutangkisKevin Sanjaya/Rahmat Hidayat

Berita Terkini