x

Apa Kabar Hariyanto Arbi, Pemilik Smash 100 Watt yang Ingin Maju ke Parlemen

Jumat, 24 November 2023 10:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Apa kabar Hariyanto Arbi, pebulu tangkis yang mendapat julukan Smash 100 Watt, kini mantap maju dalam Pemilu 2024 untuk perjuangkan pensiunan atlet.

FOOTBALL265.COM - Apa kabar Hariyanto Arbi, pebulu tangkis yang mendapat julukan Smash 100 Watt, kini mantap maju dalam Pemilu 2024 untuk perjuangkan pensiunan atlet.

Siapa yang tak kenal dengan Hariyanto Arbi, salah satu talenta bulutangkis berbakat yang mengukir banyak prestasi untuk Indonesia. Ia menjadi tunggal putra paling disegani pada masanya.

Baca Juga

Hariyanto Arbi adalah peraih medali emas World Cup 1994 dan Kejuaraan Dunia 1995, kemudian meraih empat medali emas Piala Thomas edisi 1994, 1996, 1998, dan 2000.

Bahkan, ada satu julukan yang melekat pada Hariyanto Arbi, yakni pemilik Smash 100 Watt. Rupanya, ada cerita unik di balik panggilan tersebut.

Saat berbincang dengan awak redaksi berita olahraga FOOTBALL265.COM, Arbi mengaku julukan itu datang dari mulutnya sendiri, menjelang laga kontra Rashid Sidek asal Malaysia.

"Kalau smash 100 watt itu awalnya kan ada pertandingan di Malaysia, malamnya waktu itu si Abdy (B. Wiranata) main sama Rashid kalah, terus besoknya saya main lawan dia."

Baca Juga

"Waktu sarapan pagi kita ngobrol-ngobrol. Ardy, smash kamu kok lima watt sih, makanya jadi kalah kan. Saya bilang begitu. Nanti lihat entar malam saya smash seratus watt," kata Arbi.

Nampaknya perbincangan ini didengar oleh awak media, bahwa Hariyanto Arbi berjanji akan mengeluarkan 'Smash 100 Watt' saat menghadapi Rashid Sidek.

Singkat cerita, Hariyanto Arbi sukses menjegal Rashid Sidek dengan pukulan smash yang mematikan. Sejak saat itu, ia mendapat julukan sebagai pemilik Smash 100 Watt.

"Kan memang Rashid kalau di Malaysia susah dikalahkan, dan waktu itu saya menang. Mungkin ada wartawan yang dengar juga, makanya dibilang smash 100 watt," cerita Arbi.

Baca Juga

1. Hariyanto Arbi Perjuangkan Hak Atlet

Momen legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi/Marleve Mainaky naik podium Kejuaraan Dunia Bulutangkis Senior 2023.

Hariyanto Arbi memutuskan gantung raket alias pensiun pada tahun 1997. Berbagai macam kesibukan sudah ia lakukan selepas pensiun, salah satunya adalah berbisnis dengan brand Flypower.

Meski begitu, Hariyanto Arbi tidak benar-benar meninggalkan dunia bulutangkis yang sudah membesarkan namanya. Beberapa kali ia tampil di kompetisi untuk usia senior.

Baca Juga

Hariyanto Arbi meraih tiga medali emas dari pentas Kejuaraan Dunia Senior kategori 35+ sektor ganda putra tahun 2013, 2015, dan yang terkini adalah tahun 2023 di Korea.

Selain berbisnis dan menjajal bulutangkis senior, Hariyanto Arbi juga memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Ia berharap bisa masuk parlemen pada Pemilu 2024 mendatang.

Hariyanto Arbi yang diusung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi calon legislatif DPR RI Dapil Jakarta 3, yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu.

Salah satu hal yang diusung Arbi adalah pemberian dana pensiun bagi atlet berprestasi, yang sudah korbankan masa produktifnya untuk berlatih dan mengikuti kompetisi.

Baca Juga

"Pemberian gaji seumur hidup bagi peraih medali olimpiade adalah hal yang lumrah. Sampai saat ini, Indonesia memiliki 49 atlet peraih medali olimpiade," tutur Hariyanto Arbi.

"Sejak Olimpiade Barcelona 1992 sampai Olimpiade Tokyo 2020, para atlet total mengumpulkan 37 medali, yang terdiri atas 8 emas, 14 perak, dan 15 perunggu," katanya.

Hariyanto Arbi menegaskan bahwa Malaysia saja memberikan dana pensiun bagi peraih medali Olimpiade, meskipun sampai kini belum ada atletnya yang bisa meraih medali emas.

Jika berhasil masuk parlemen di Pemilu 2024 nanti, Hariyanto Arbi berharap kesejahteraan atlet dan mantan atlet bisa menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Indonesia.

Baca Juga
OlimpiadeHariyanto ArbiIn Depth SportsMedali OlimpiadeBulutangkisApa KabarBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini