x

3 Alasan Logis Apriyani Rahayu/Siti Fadia Bakal Jadi Monster di BWF World Tour Finals 2023

Kamis, 30 November 2023 13:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Mengulas 3 alasan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi "monster" di ajang bulutangkis WF World Tour Finals 2023.(Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM – Mengulas tiga alasan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti jadi "monster" di ajang bulutangkis BWF World Tour Finals 2023.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan beraksi di BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou, China pada 13-17 Desember mendatang.

Baca Juga

Jelang penampilannya di World Tour Finals kali ini, ganda putri peringkat 7 dunia itu dihantui masalah cedera yang sempat diderita Apriyani Rahayu.

Diketahui, Apriyani mengalami cedera sehingga memaksa dirinya dan Fadia retired dari babak 16 besar China Masters 2023 pekan lalu.

Kondisinya ini membuat Apriyani/Fadia sempat diragukan akan ambil bagian di BWF World Tour Finals 2023. Namun baru-baru ini Apriyani menyatakan cederanya sudah pulih.

“Alhamdulillah sekarang saya merasa 90 persen baik, sudah berkurang sakitnya dan tidak ada rasa ngilu. Sementara untuk 10 persennya lagi ada di mindset, berani lagi saja,” ucap Apriyani dilansir dari Djarum Badminton.

Baca Juga

Apriyani/Fadia  sendiri menjalani musim kedua mereka sejak dipasangkan tahun lalu dengan kondisi bak roller coaster.

Apriyani/Fadia hanya berhasil mengamankan satu gelar BWF World Tour yakni di ajang Hong Kong Open Super 500 pada September kemarin.

Di BWF World Tour Finals 2023 nanti, Apriyani/Fadia akan bersaing dengan tujuh pasangan ganda putri top lain termasuk Chen Qingchen/Jia Yifan, Nami Matsumoto/Wakana Nagahara hingga Kim So-yeong/Kon Hee-yong.

Meski diprediksi berstatus kuda hitam, bukan tidak mungkin Apriyani/Fadia bakal tampil mengejutkan di turnamen tersebut karena tiga alasan berikut ini:

Baca Juga

1. 1. Tepis Isu ‘Main Sabun’ di China Masters

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

Lolosnya Apriyani/Fadia ke BWF World Tour Finals 2023 sempat diwarnai dengan isu "main sabun" dengan rekan senegaranya, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Apriyani/Fadia dituntut setidaknya lolos ke babak 16 besar di China Masters 2023 jika ingin meraih tiket ke BWF World Tour Finals.

Baca Juga

Kebetulan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi lawan mereka di babak pertama China Masters 2023.

Siapa sangka, Febriana/Amalia memutuskan untuk kalah Walk Out (WO) atau tidak bertanding saat babak pertama China Masters 2023.

Dengan demikian, Apriyani/Fadia lolos ke babak kedua tanpa mengeluarkan keringat, dan secara otomatis lolos ke BWF World Tour Finals 2023.

Banyak yang menganggap jika wakil ganda putri Indonesia tersebut kongkalikong agar Apriyani/Fadia bisa lolos ke BWF World Tour Finals dengan mudah.

Baca Juga

Nyatanya, di luar kejadian ini, Apriyani/Fadia juga sudah mengantongi poin yang cukup untuk menjaga asa mereka tampil di turnamen penutup musim.

Selain jadi juara di Hong Kong Open, Apriyani/Fadia tercatat runner-up Hylo Open, tiga kali semifinalis di Malaysia Open, Swiss Open dan French Open.

Selain itu, Apriyani/Fadia juga berhasil lima kali melaju hingga perempat final di Indonesia Masters, All England, Malaysia Masters, Indonesia Open, dan China Open.

Oleh karenanya, BWF World Tour Finals akan jadi panggung sesungguhnya apakah performa Apriyani/Fadia layak diadu dengan para tunggal putri top dunia lainnya dan membuktikan bahwa mereka tidak "main sabun" untuk lolos ke turnamen tersebut.

Baca Juga

2. Kejar Poin Olimpiade Paris 2024

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti saat ini merupakan salah satu penantang tiket ke Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga bulutangkis di nomor ganda putri.

Pasangan ini menduduki peringkat ke-8 pada klasemen Race to Paris (kualifikasi Olimpiade 2024) yang dirilis oleh BWF selama periode Mei 2023 hingga April 2024.

Khususnya Apriyani Rahayu, dia merupakan peraih medali emas Olimpiade Tokyo bersama mantan pebulu tangkis Indonesia Greysia Polii.

Menggandeng Siti Fadia Silva Ramadhanti, Apriyani tentunya ingin mempertahankan gelar tersebut sekaligus menciptakan sejarah bagi Indonesia.

Baca Juga

Meski dihantui cedera, Apriyani mengatakan dirinya tidak ingin patah semangat dan terus ingin berusaha untuk masuk ke jajaran pemain yang lolos ke Olimpiade 2024 Paris bersama Fadia.

“Fadia datang dan bilang, 'apa pun yang aku rasakan, jangan pernah dipaksa atau di-push lagi.' Maksudnya, cukup untuk jujur saja, karena dia tahu saya jarang sekali mengeluh di depan dia, di depan siapa pun," kata Apriyani.

"Dan itu salah satu hal yang menaikkan mental saya, karena bagaimana pun saya dan Fadia yang main berdua di lapangan. Itu yang penting, makin ke sini, semakin menjadi merasa kuat jelang WTF dan nanti Olimpiade," pungkasnya.

Poin dari BWF World Tour Finals 2023 juga termasuk dalam perhitungan untuk kualifikasi Olimpiade 2024. Jadi Apriyani/Fadia jelas akan tampil habis-habisan di ajang tersebut demi meraup banyak poin.

Baca Juga

3. Jaga Rekor Keramat Apriyani Rahayu

Rekor keramat Apriyani Rahayu bisa runtuh dalam sekejap jika dirinya memutuskan mundur dari BWF World Tour Finals 2023.

Rekor yang dimaksud adalah Apriyani Rahayu merupakan tulang punggung Indonesia alias satu-satunya pebulu tangkis yang selalu tampil di BWF World Tour Finals dalam lima tahun terakhir.

Dengan dinyatakan lolos ke BWF World Tour Finals 2023, Apriyani sejatinya sudah berhasil mempertahankan rekor tersebut.

Selain itu, ini juga meneruskan tradisi ganda putri Indonesia yang selalu mengirimkan wakilnya di turnamen tersebut sejak format baru 2018.

Namun Apriyani tentunya juga ingin mencapai sesuatu yang lebih tinggi dari capaian sebelumnya bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Capaian tertinggi Apriyani terjadi di edisi 2021 saat masih bersama Greysia Polii. Mereka mampu menembus babak semifinal.

Namun Greysia/Apriyani gagal melaju ke babak final usai dikalahkan pasangan Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Baca Juga
Apriyani RahayuBWF World Tour FinalsBulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Berita Terkini