x

Anthony Ginting Ingin Upgrade Medali World Tour Finals Usai Lengser di Ranking BWF,

Senin, 11 Desember 2023 11:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di podium juara BWF World Tour Finals 2022. (Foto: Humas PP PBSI)

FOOTBALL265.COM - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting turun takhta di ranking BWF, ia semakin ambisius ingin upgrade medali di World Tour Finals.

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting menghuni peringkat kedua tunggal putra terbaik dunia, membayangi Viktor Axelsen asal Denmark yang kokoh di puncak ranking BWF.

Baca Juga

Salah satu faktor yang mendongkrak poin Anthony Ginting di ranking BWF adalah ketika ia melenggang ke final BWF World Tour Finals 2022 lalu.

Kala itu, Anthony Ginting menantang sang "Raja Terakhir", Viktor Axelsen. Sayangnya ia harus kalah di babak final, dan membawa pulang medali perak saja.

Namun sepanjang tahun 2023, Anthony Ginting bermain tidak konsisten dan sering kalah pada babak awal. Menjelang BWF World Tour Finals 2023, ia mengalami penyusutan poin.

Hal ini berdampak drastis pada posisinya di ranking BWF per bulan Desember. Anthony Ginting turun ke posisi 4, sedangkan Kodai Naraoka dan Li Shifeng menghuni 3 besar.

Baca Juga

Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah meyakinkan bahwa hal ini tidak berdampak pada mentalitas Anthony Ginting menjelang perhelatan BWF World Tour Finals 2023.

Saat ini, Anthony Ginting dan Jonatan Christie telah tiba di Hangzhou, China, dan berlatih di lokasi pertandingan, sebagai persiapan akhir menuju BWF World Tour Finals, mulai Rabu (13/12/23).

"Kondisi lapangan sangat bagus, besar dan pas untuk pertandingan ini. Anak-anak juga dalam keadaan prima," ucap Irwansyah, dilansir dari rilis resmi PBSI, Senin (11/12/23).

"Dengan semua yang sudah disiapkan di Jakarta, hari ini coba dikembalikan, feeling pukulan, adaptasi dan lain-lain. Jadi, tadi banyak simulasi game," jelas Irwansyah.

Baca Juga

1. Misi Anthony Ginting di BWF World Tour Finals

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di podium BWF World Tour Finals 2022. (Foto: Humas PP PBSI)

Senada dengan Irwansyah, Anthony Sinisuka Ginting mengatakan tidak ada kendala berarti saat uji coba lapangan BWF World Tour Finals. Ia siap mempertahankan prestasinya tahun lalu.

Dengan persiapan yang ia lakukan di Jakarta dan di Hangzhou, Anthony Ginting berharap bisa menembus babak final BWF World Tour Finals dan upgrade medalinya menjadi emas.

Baca Juga

"Baru selesai latihan pertama. Sejauh ini oke, tidak ada kendala, tapi kami terus melakukan adaptasi," ungkap Ginting via rilis resmi PBSI.

"Besok masih ada kesempatan satu kali lagi untuk mencoba lapangan, jadi semoga bisa lebih baik, sambil melihat ada perubahan atau tidak sebelum ke partai pertama nanti."

Sekadar informasi, drawing pembagian grup BWF World Tour Finals 2023 akan digelar pada hari ini, Senin (11/12/23) malam, tepatnya setelah sesi Gala Dinner.

Melihat delapan peserta di sektor tunggal putra, Anthony Ginting mengaku tak masalah siapa pun lawannya, karena kualitas pemain memang sudah teruji di sepanjang tahun ini.

Baca Juga

"Setiap pemain punya harapan dan peluang yang sama. Jadi seperti biasanya, saya ingin fokus ke diri saya sendiri, mempersiapkan diri dengan baik," imbuhnya.

"Saya ingin di minggu ini bisa memperbaiki performa saya dari turnamen-turnamen sebelumnya," tukas Ginting.

BWF World Tour Finals 2023 bakal dihelat di Hangzhou, China, mulai 13-17 Desember. Indonesia mengirim enam wakil terbaiknya.

Selain Anthony Ginting dan Jonatan Christie, juga ada Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri, Gregoria Mariska Tunjung, dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingAnthony GintingBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita BulutangkisBWF World TourRanking BWF

Berita Terkini