x

Menakar Peluang Anthony Ginting Lolos Grup Neraka BWF World Tour Finals

Selasa, 12 Desember 2023 17:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di podium BWF World Tour Finals (WTF) 2022 bersama Viktor Axelsen. (Foto: PBSI)

FOOTBALL265.COM - Menakar peluang Anthony Sinisuka Ginting lolos grup neraka BWF World Tour Finals, apakah Merah Putih bisa menempatkan wakilnya di babak semifinal?

Drawing pembagian grup BWF World Tour Finals 2023 baru saja dihelat pada Senin (11/12/23) malam. Dari sektor tunggal putra, ada satu hal yang cukup mengkhawatirkan.

Baca Juga

Anthony Ginting tergabung di Grup A bersama sejumlah lawan berat yang selama ini menjadi batu sandungannya, mulai dari Viktor Axelsen, Shi Yuqi, dan Kodai Naraoka.

Sementara Jonatan Christie tergabung di Grup B dan lawannya sedikit lebih longgar. Jojo akan menghadapi Li Shifeng, Anders Antonsen, serta Kunlavut Vitidsarn.

Dua pemain dengan poin terbanyak di grup akan lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals. Berikut head to head Anthony Ginting dan pesaingnya di Grup A.

1. Viktor Axelsen

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Viktor Axelsen adalah penguasa di sektor tunggal putra. Sudah beberapa tahun ia menduduki posisi teratas di ranking BWF, tanpa ada satu pun pemain yang bisa menggesernya.

Baca Juga

Sejauh ini Anthony Ginting hanya bisa membayangi Viktor Axelsen di peringkat kedua, namun belakangan performanya ikut menurun dan terpeleset ke peringkat empat.

Sejak pertama kali bertemu di tahun 2017, Anthony Ginting dan Viktor Axelsen sudah bertemu dalam 16 partai resmi. Tunggal putra Indonesia menang 4 kali atas wakil Denmark.

Namun, itu adalah cerita lama. Sejak tahun 2021, kedua pemain sudah bertemu 10 kali, dan tak sekali pun Ginting bisa mencuri kemenangan dari ayah dua anak itu.

Sulit membayangkan kali ini Ginting bisa mengalahkan Viktor Axelsen, kecuali jika 'Alien' asal Denmark itu mengalami cedera yang membuat agresifitasnya menurun.

Baca Juga

1. 2. Shi Yuqi

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting dikalahkan tunggal putra China Shi Yu Qi pada babak 16 besar Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Kamis (26/01/23).

Jika melihat ranking BWF, Anthony Ginting memang berada di atas Shi Yuqi, yang mulai merosot ke perigkat 8. Namun, jika melihat head to head, wakil Indonesia kalah jauh.

Dari total 9 pertemuan sejak di level junior, Anthony Ginting kalah delapan kali, dan hanya satu kali bisa mencuri kemenangan dari atlet bulutangkis andalan China tersebut.

Baca Juga

Satu-satunya kemenangan Ginting atas Shi Yuqi terjadi di BWF World Championships 2022, itu pun lewat pertarungan sengit di babak rubber.

Apalagi jika mengingat Shi Yuqi akan tampil di rumah sendiri, di China, dan mendapatkan dukungan langsung dari penggemarnya, membuat Ginting semakin tertekan.

Namun, kemenangan atas Shi Yuqi juga bukanlah hal yang mustahil. Jika Anthony Ginting dalam kondisi prima dan bisa jaga fokus, ia bisa saja membekuk rivalnya itu.

3. Kodai Naraoka

Di antara dua lawan lainnya, Kodai Naraoka boleh dikatakan sebagai pendatang baru. Namun, Ginting tidak boleh menganggap remeh pebulu tangkis Jepang tersebut.

Baca Juga

Pasalnya, Kodai Naraoka adalah sosok yang sukses mengkudeta posisi Ginting di ranking 2 BWF. Sepanjang tahun 2023 ini, ia konsisten bermain di semifinal turnamen World Tour.

Anthony Ginting dan Kodai Naraoka baru bertemu dalam dua laga, yakni Singapore Open 2022 dan Hylo Open 2022. Keduanya dimenangkan oleh wakil andalan Indonesia.

Namun di tahun 2023, Kodai Naraoka sudah improve dan bisa saja memberi perlawanan yang tidak mudah pada Ginting. Sekali lagi, wakil Indonesia dituntut untuk fokus.

Masih ada kesempatan bagi Ginting untuk melaju ke semifinal, dengan mengincar kelemahan lawannya dan bermain fokus sampai akhir, serta mengurangi kesalahan.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingViktor AxelsenIn Depth SportsAnthony GintingBWF World Tour FinalsBulutangkisShi YuqiBerita BulutangkisKodai NaraokaIndepth

Berita Terkini