Inggris 1-0 Slovenia: Gol Kane Bawa Inggris ke Rusia

Jumat, 6 Oktober 2017 03:49 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Selebrasi Harry Kane pasca mencetak gol kemenangan Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Selebrasi Harry Kane pasca mencetak gol kemenangan Inggris.

Inggris menjamu Slovenia dalam laga lanjutan kualifikasi Grup F Piala Dunia 2018 zona Eropa. Bermain di Wembley Stadium, anak asuh Gareth Southgate berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0.

Jalannya Pertandingan

Bermain di depan pendukungnya sendiri, membuat pasukan The Three Lions bermain menyerang sejak menit awal pertandingan di mulai. Harry Kane dkk pun menguasai akan jalannya pertandingan tersebut.

Tercatat pada babak pertama kali ini, Inggris berhasil menguasai penguasaan bola dengan persentase mencapai 72 persen. Walau begitu, mereka belum mampu memecah kebuntuan guna mengamankan tiga poin.

Ketatnya lini pertahanan Slovenia membuat segala upaya yang dilakukan oleh anak asuh Gareth Southgate sia-sia. Seperti umpan terobosan Marcus Rashford pada menit 25, yang mana langsung dihalau oleh lini pertahanan Slovenia.

© INDOSPORT
Aksi dari pertandingan Inggris vs Slovenia. Copyright: INDOSPORTAksi dari pertandingan Inggris vs Slovenia.

Satu-satunya peluang yang terjadi pada babak pertama adalah saat Harry Kane melakukan tendangan on target di menit ke-39. Sayang, banyaknya pemain Slovenia di kotak penalti membuat tendangan pemain Tottenham Hotspur tersebut mudah diantisipasi oleh kiper, yang mana bola mentahan tersebut berhasil dibuang oleh para pemain Slovenia.

Di babak kedua, tempo permainan pun tak berbeda jauh. Kubu tamu tetap menumpuk para pemainnya di lini tengah guna menghalau berbagai aliran bola yang dibangun oleh pasukan Inggris.

Lambat nan membosankan, begitulah jalannya pertandingan di babak keduanya ini. Hingga menit ke-80 Inggris masih mendominasi akan jalannya pertandingan dengan persentase penguasaan bola mencapai 67 persen, namun gagal memecahkan kebuntuan.

© INDOSPORT
Aksi dari pertandingan Inggris vs Slovenia. Copyright: INDOSPORTAksi dari pertandingan Inggris vs Slovenia.

Tidak adanya jual beli serangan, serta gagalnya pasukan Inggris untuk memecahkan ketatnya pertahanan Slovenia membuat pertandingan berjalan sangat alot untuk kubu tuan rumah. Wasit pun memberikan perpanjangan waktu hingga enam menit di babak kedua ini.

Banyaknya perpanjangan waktu yang diberikan, dimanfaatkan dengan baik oleh Inggris. Kyle Walker berhasil memanfaatkan kesalahan kiper Jan Oblak yang salah melakukan operan. Bek baru Manchester City itu langsung memberikan umpan kepada Kane yang berada di depan gawang, dan menjaringkan bola ke gawang Slovenia. 1-0 Inggris memenangkan pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Inggris berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Hingga saat ini, mereka tak terkalahkan dengan meraih 23 poin, hasil tujuh kemenangan dan dua imbang dari sembilan laga yang telah dilakoni di Grup F.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Inggris: Joe Hart; Kyle Walker, John Stones, Gary Cahill, Ryan Bertrand; Jordan Henderson, Eric Dier, Alex Oxlade-Chamberlain; Raheem Sterling, Harry Kane, Marcus Rashford.

Slovenia: Jan Oblak; Aljaz Struna, Miha Mevjla, Botjan Cesar, Bojan Jokic; Roman Bezjak, Rene Krhin, Rajko Rotman, Benjamin Verbic; Josip Ilicic; Andra Sporar.

950