PIALA ASIA U-19 2018

Termasuk Indonesia, Inilah 16 Negara yang Lolos ke Piala AFC U-19 2018

Kamis, 9 November 2017 09:35 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
© PSSI
Skuat Garuda Nusantara. Copyright: © PSSI
Skuat Garuda Nusantara.

Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 yang digelar sejak akhir Oktober sampai 9 November 2017, telah rampung digelar.  Sebanyak 16 negara yang terdiri dari 10 juara grup dan 5 runner-up terbaik telah memastikan diri lolos ke putaran final yang akan berlangsung pada tahun depan.

Anak asuh Indra Sjafri sendiri menjadi tim pertama yang lolos karena berstatus sebagai tuan rumah. Kendati demikian, Timnas U-19 juga mengikuti babak kualifikasi untuk mengukur kekuatan tim.

Egy Maulana dkk tergabung di Grup F bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Pada klasemen akhir, skuat Garuda Nusantara bertengger di peringkat 3 dengan 6 poin. Korea Selatan keluar sebagai juara grup, dan Malaysia menempati peringkat kedua.

© PSSI
Skuat Timnas Indonesia U-19 saat menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum pertandingan dimulai. Copyright: PSSISkuat Timnas Indonesia U-19 saat menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum pertandingan dimulai.

Putaran final Piala Asia U-19 sendiri akan digelar pada Oktober 2018. Ada lima stadion di Indonesia yang akan digunakan sebagai venue pertandingan, salah satunya Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Ada lima stadion yang kami siapkan, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Patriot Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, serta Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung," kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Berikut 16 Negara yang Lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2018:

948