Liga Indonesia

3 Fakta Menarik Danny Guthrie, Eks Liverpool yang Gabung Mitra Kukar

Jumat, 5 Januari 2018 06:27 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Danny Guthrie saat berseragam Newcastle. Copyright: © Getty Images
Danny Guthrie saat berseragam Newcastle.

Kabar mengejutkan datang dari salah satu klub peserta Liga 1 musim 2018 asal Kalimantan, Mitra Kukar. Bagaimana tidak, mereka baru saja mendatangkan pemain asing baru asal Inggris bernama Danny Guthrie.

Kedatangan Guthrie ke armada Naga Mekes pun dikonfirmasi langsung oleh CEO Mitra Kukar, Endri Erawan. Kemampuan Guthrie pun dianggap memang cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh skuat Rafael Berges.

Kemampuan mengolah si kulit bundar yang dimiliki oleh Guthrie pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Sejak masih berusia 13 tahun, dirinya sudah menjadi bagian dari akademi sepakbola klub raksasa Inggris, Manchester United.

© INDOSPORT
Danny Guthrie saat masih berseragam Liverpool. Copyright: INDOSPORTDanny Guthrie saat masih berseragam Liverpool.

Pada tahun 2005, Guthrie pun memutuskan untuk terjun ke dunia profesional. Tidak tanggung-tanggung, klub pertama yang dia bela sebagai pemain profesional adalah klub Inggris yang paling banyak meraih gelar juara Liga Champions, Liverpool.

Sayangnya, selama memperkuat The Reds dari kurun 2005 sampai 2008, pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut jarang dimainkan. Total ia hanya sempat bertanding bersama Liverpool sebanyak tiga kali saja, selebihnya ia lebih sering dipinjamkan ke Southampton dan Bolton Wanderers.

Salah satu prestasi terbaik yang pernah di kecap oleh Guthrie selama karier sepakbola profesionalnya adalah ketika memperkuat Newcastle United. Pada musim kompetisi 2009/10, ia menjadi salah satu pilar penting yang membuat The Magpies menjadi juara divisi Championship dan sukses promosi ke Liga Primer Inggris 2010/11.

Selain sejumlah data-data yang telah disebutkan di atas, INDOSPORT berhasil merangkum sejumlah fakta menarik lainnya yang mewarnai kehidupan seorang Guthrie. Berikut pemaparannya:

58