Bola Internasional

4 Alasan VAR Belum Layak Digunakan di Piala Dunia 2018

Rabu, 28 Maret 2018 14:56 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Video Assistant Referee. Copyright: © INDOSPORT
Video Assistant Referee.

Laga persahabatan internasional antara Inggris yang berhadapan dengan Italia harus berakhir imbang 1-1, pada Rabu (28/03/18) dini hari WIB tadi.

Harus puas berbagi angka setelah unggul terlebih dahulu, kekecewaan Inggris membuncang lantaran gol penyama kedudukan Italia yang dicetak lewat titik penalti yang berasal dari keputusan wasit dalam bantuan Video Assistant Referee (VAR).

VAR sampai saat ini memang masih jadi perdebatan dalam dunia sepakbola, baru sedikit kompetisi sepakbola di Eropa yang mempercayakan teknologi berupa tayangan ulang itu untuk digunakan wasit di lapangan.

Meski begitu, jauh-jauh hari otoritas sepakbola dunia, FIFA sudah memastikan bahwa VAR akan digunakan dalam kompetisi tertinggi sepakbola dunia yang akan berlangsung di Rusia nanti.

Dengan dalih akan memberikan keadilan bagi tim yang bertanding, keputusan tersebut masih terus menjadi perdebatan hingga detik ini.

Tanpa bermaksud menyulut perdebatan itu, berikut INDOSPORT merangkum beberapa alasan bahwa VAR sejatinya belum layak digunakan di Piala Dunia 2018.