Liga Indonesia

Mitra Kukar Terdegradasi Usai Kalah dari Persija, Rahmad Darmawan: Ini Salah Saya

Minggu, 9 Desember 2018 19:28 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat konferensi pers. Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Rahmad Darmawan saat konferensi pers.

FOOTBALL265.COM - Persija Jakarta berhasil keluar sebagai juara kompetisi bola Indonesia, Liga 1 2018, usai mengalahkan Mitra Kukar di pekan terakhir dengan skor 2-1, Minggu (09/12/18). Kekalahan di tangan Persija membuat Mitra Kukar dipastikan terdegradasi dari kompetisi sepak bola kasta tertinggi itu dan Rahmad Darmawan alias RD menyebut dirinya bersalah dan bertanggung jawab. 

Buat Mitra Kukar sendiri, hasil kekalahan ini membuat mereka harus rela mengucapkan selamat tinggal kepada Liga 1, setelah dipastikan terdegradasi ke Liga 2 musim depan.

© Herry Ibrahim/Football265.com
Persija Jakarta vs Mitra Kukar Copyright: Herry Ibrahim/Football265.comPersija Jakarta vs Mitra Kukar

Terkait nasib buruk tersebut, pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan, dalam keterangannya di sesi jumpa pers usai pertandingan mengutarakan bahwa dirinya bertanggung jawab penuh, seraya menyebut semua pemainnya tak perlu merasa bersalah.

"Saya rasa kita sudah sama-sama tahu bahwa hasil pertandingan ini sekaligus membuat langkah Mitra Kukar terhenti di Liga 1," ujar Rahmad Darmawan.

"Tadi di ruang ganti sudah saya sampaikan kepada pemain. Pemain sudah memberikan yang terbaik sehingga mereka tak usah merasa bersalah. Tetap kesalahan dan hal ini terjadi (degradasi) karena kesalahan saya sebagai pelatih," terang pelatih yang akrab disapa RD itu.