Liga Indonesia

Begini Rapor Timnas Indonesia di Sepanjang Tahun 2018, Berprestasi?

Senin, 31 Desember 2018 20:38 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai melawan Filipina.

INDOSPORT. COM - Tak terasa 2018 sudah memasuki penghujung tahun. Bila berbicara soal kiprah Timnas Indonesia, beginilah rapor yang berhasil dicatatkan sepanjang tahun ini.

Berawal dari Timnas Indonesia level senior. Sepanjang tahun 2018 ini, Timnas Indonesia level senior telah memainkan delapan pertandingan.

Hasilnya yang didapat pun terbilang variatif, yakni tiga kemenangan, tiga kekalahan, dan dua hasil imbang. Raihan tersebut pun membuat peringkat Timnas Indonesia pada rangking FIFA berada di urutan 159.

Beralih ke Timnas Indonesia U-23. Sepanjang tahun 2018, Timnas Indonesia memainkan total 12 laga dengan rincian hasil lima kemenangan, tiga kekalahan, empat imbang, serta berhasil lolos ke 16 besar Asian Games 2018.

Selanjutntya dari Timnas Indonesia U-19, total pertandingan yang sudah dimainkan berjumlah 16 laga. Hasil yang diraih Timnas Indonesia U-19 rinciannya yakni delapan kemenangan, tujuh kekalahan, sekali imbang, serta lolos ke perempat final Piala Asia U-19 2018 dan juara tiga Piala AFF U-19.

Menilik Timnas Indonesia U-16, prestasi yang diraih ada gelar juara AFF U-16 2018 serta lolos ke perempat final Piala Asia U-16 2018. Catatan pertandingannya pun didominasi dengan raihan manis, yakin 12 kemenangan, dua kekalahan, dan tiga kali imbang.

Sementara itu dari sektor Timnas Putri Indonesia yang menempati urutan 84 peringkat FIFA, catatan pertandingannya malah lebih didominasi dengan hasil pahit. Dari 12 pertandingannya tahun 2018 ini, Timnas Putri Indonesia enam kali menderita kekalahan, tiga kali imbang, dan tiga kali berhasil meraih kemenangan.

Bagi yang masih penasaran dengan kiprah Timnas Indonesia secara lengkap, berikut INDOSPORT sajikan datanya. Data yang disediakan berasal dari cuitan akun Twitter resmi PSSI.

151