Bola Internasional

Legenda Wasit Dunia Dukung Penggunaan VAR di Piala Asia 2019

Jumat, 18 Januari 2019 15:43 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Timnas Qatar selebrasi atas gol ke gawang Korea Utara di Piala Asia 2019. Copyright: © INDOSPORT
Timnas Qatar selebrasi atas gol ke gawang Korea Utara di Piala Asia 2019.

FOOTBALL265.COM - Turnamen sepak bola terbesar di Benua Kuning, Piala Asia 2019 rupanya telah menyita banyak perhatian, salah satunya datang dari legenda wasit dunia, Pierluigi Collina. 

Pria asal Italia itu datang ke Uni Emirat Arab, dan telah menyaksikan seluruh pertandingan di babak penyisihan grup yang baru saja selesai.

Meski berjalan dengan baik, namun sejumlah kejadian kontroversial sempat mewarnai pertandingan fase grup. Salah satunya adalah insiden penalti goib yang didapat Suriah ketika melawan Australia, di laga pamungkas Grup B. 

Kala itu salah seorang pemain Suriah, Omar Al Somah terjatuh di dalam kotak penalti lawan. Namun uniknya, Al Somah jatuh bukan karena dilanggara pemain Australia, melainkan rekannya sendiri.

Hal tersebut membuat Collina mendukung penggunaan Video Assistan Refree (VAR), yang rencananya AFC baru akan menerapkannya pada babak perempatfinal.

“Adalah keputusan bijak dari AFC untuk menggunakan VAR pada tahap perempat final karena ini sejalan dengan kumpulan wasit yang memenuhi syarat yang akan tersedia (di tiap laganya). Wasit perlu memiliki lisensi VAR dari IFAB (International Football Association Board),” kata Collina dalam laman resmi AFC.

“Bekerja dengan teknologi video tidak hanya membutuhkan pelatihan dari orang yang berdiri di depan layar di Ruang Operasi Video (VOR), tetapi juga pelatihan tim wasit di stadion sehingga mereka tahu bagaimana berinteraksi dengan tim VAR dan bagaimana menggunakan teknologi secara efektif," tandasnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT