Liga Indonesia

FIFA Sarankan PSSI Gelar Pemilihan Ketum di Awal 2020

Jumat, 3 Mei 2019 13:17 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© online24jam.com/INDOSPORT
Iwan Budianto resmi jadi PLT Ketum PSSI Copyright: © online24jam.com/INDOSPORT
Iwan Budianto resmi jadi PLT Ketum PSSI

FOOTBALL265.COM - Federasi sepak bola dunia, FIFA, melalui suratnya ke PSSI menyarankan agar Kongres Biasa pada Januari 2020, akan menjadi Kongres Biasa Pemilihan untuk memilih 15 Komite Eksekutif PSSI yang terdiri dari Ketua Umum dan dua Wakil Ketua Umum, serta 12 anggota Komite Eksekutif. Nantinya mereka  yang terpilih akan bekerja untuk empat tahun dari periode 2020 sampai 2024.

"Komunikasi kami dengan FIFA, intinya FIFA ingin PSSI untuk tetap menjalankan programnya sesuai time line, seperti kompetisi dan program FIFA Forward yang terdiri dari Pengembangan pelatih dan pemain melalui FILANESIA dan Pengembangan Wasit. Terlebih lagi, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk kualifikasi Piala AFC U16 dan U19," ujar Plt Iwan Budianto.

"Karena itu, Kongres Biasa Pemilihan akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020, lebih cepat dari masa jabatan yaitu November 2016-November 2020," jelasnya lebih lanjut.

Sebelum dilakukan kongres biasa pada awal tahun depan, PSSI terlebih dahulu menggelar kongres luar biasa (KLB) pada Juli mendatang.

Saat KLB nanti akan ada tiga agenda utama, yakni revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI, dan memilih anggota baru untuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan, dan hal itu sudah disetujui oleh FIFA selaku federasi sepak bola dunia.

"Pelaksanaan KLB ini sesuai dengan saran dan masukan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya nomor SG/nak/Ini tanggal 24 April 2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA," ucap Iwan Budianto.

Curhat Sutiyoso Susah Payah Bangun Persija

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di FOOTBALL265.COM