Liga Indonesia

Apa Kabar Ilham Jaya Kesuma, Striker Legendaris Timnas Indonesia dan Persita Tangerang?

Jumat, 24 Mei 2019 20:29 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

FOOTBALL265.COM – Timnas Indonesia dan Persita Tangerang sama-sama pernah memiliki sosok penyerang yang sangat melegenda pada awal era 2000-an, yaitu Ilham Jaya Kesuma. Apa kabarmu kini?

Hanya memiliki tinggi mencapai 1,73 meter saja, tapi Ilham Jaya Kesuma merupakan penyerang yang sangat mematikan terutama saat masih membela Persita Tangerang dan mengenakan seragam Timnas Indonesia.

Ilham Jaya Kesuma merupakan tipe penyerang yang memiliki kecepatan dan mampu menempati posisi yang tepat saat menerima umpan sehingga kerap tak terdeteksi oleh lawannya.

Berkat kemampuan itu, Ilham Jaya Kesuma sampai-sampai dijuluki dengan Filippo Inzaghi Indonesia. Seperti yang kita tahu, Inzaghi merupakan tipe penyerang yang sulit dideteksi oleh bek-bek lawan berkat kecepatan dan kejeniusan dalam positioning.

Ilham Jaya Kesuma sendiri baru mulai berkarier pada 1996 dengan membela Persita Tangerang. Bersama Laskar Pendekar Cisadane, Ilham Jaya Kesuma berkembang menjadi penyerang legendaris di sana.

Bagaimana tidak, dirinya pernah menjadi top skor Liga Indonesia di dua edisi yang berbeda (2002 dan 2004), serta gelar pemain terbaik Liga Indonesia tahun 2002. Di tahun itu pula, Ilham Jaya Kesuma membawa Persita Tangerang menjadi finalis Liga Indonesia.

Padahal di laga itu, Ilham Jaya Kesuma sudah sempat mencetak pembuka di menit pertama yang membawa Persita unggul dalam laga yang dimainkan di Stadion Gelora Bung Karno.

Namun Persita akhirnya harus menyerah setelah Petrokimia Putra mampu membalikan keadaan.

Rupanya Ilham Jaya Kesuma memang spesialis juara kedua karena selain Persita, Timnas Indonesia juga pernah dibawanya hanya menjadi finalis Piala AFF 2004.

Padahal Ilham Jaya Kesuma kembali menjadi top skor turnamen tersebut tapi tetap tak cukup untuk membawa Timnas Indonesia juara.

Meski tidak pernah menjadi juara, Ilham Jaya Kesuma tetap akan diingat sebagai penyerang legendaris untuk Persita Tangerang dan Timnas Indonesia.

© INTERNET
Ilham Jayakesuma (kanan) dan Boaz Solossa melakukan selebrasi usai kalahkan Malaysia dengan skor 4-1 pada Piala AFF 2004. Copyright: INTERNETIlham Jayakesuma (kanan) dan Boaz Solossa melakukan selebrasi usai kalahkan Malaysia dengan skor 4-1 pada Piala AFF 2004.

Fakta itu semakin diperkuat dengan dipilihnya Timnas Indonesia dan Persita Tangerang sebagai tempatnya untuk mengakhiri kariernya di level internasional dan klub.

Ya, Ilham Jaya Kesuma telah pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2013 setelah pulang kembali ke Persita Tangerang.

Sebelumnya, Ilham Jaya Kesuma sempat membela beberapa tim seperti MPPJ Selangor, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC, tapi tetap cinta terakhirnya hanya untuk Persita saja.

Kini setelah pensiun, kegiatan dan kesibukan apa yang tengah digeluti oleh Ilham Jaya Kesuma?

1