Liga Indonesia

Jelang Piala AFF, Timnas Wanita Indonesia Agendakan Uji Coba Kontra 4 Tim Putra

Senin, 8 Juli 2019 08:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Yuliani Wijaya (memakai rompi) dari Sumsel berusaha melewati hadangan Mayang ZP dari Sumbar, Selasa (14/05/19). Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Yuliani Wijaya (memakai rompi) dari Sumsel berusaha melewati hadangan Mayang ZP dari Sumbar, Selasa (14/05/19). Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Menjelang keikutsertaan di Piala AFF yang berlangsung Agustus mendatang, Timnas Wanita Indonesia dijadwalkan menjalani lima laga uji coba. Menariknya, hanya ada satu pertandingan yang akan menghadapi tim putri, sedangkan empat laga lainnya akan menghadapi tim putra U-15.

"Uji coba perdana menghadapi tim Asprov DIY, tujuannya tak lain untuk menguji organisasi permainan yang sudah ditanamkan kepada pemain” ungkap asisten pelatih Timnas Wanita, Yopie Riwoe.

Terkait empat laga kontra tim putra dengan rentang usia 15 tahun, Yopie mengaku hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan skuat Garuda Pertiwi. Tujuan dari uji coba tersebut adalah untuk memantau perkembangan para pemain serta melatih pemain agar berani melakukan duel-duel fisik setelah sekian lama dibentuk.

"Tidak mungkin mencari tim wanita di Indonesia yang kekuatannya setara dengan Timnas, karena belum ada kompetisi berkesinambungan yang berpengaruh pada kualitas pemain," urainya.

"Jika menghadapi pria, meski rentang U-15, sebenarnya hal ini setara seperti kekuatan tim sepak bola wanita di negara lainnya. Kekuatan antara pria dan wanita menyangkut skill, kecepatan dan kekuatan tidaklah sama, pria jauh lebih siap di usia muda,"

"Dengan lawan seperti ini, tujuannya untuk melatih mereka agar supaya berani saat duel-duel. Fisik yang sudah dibentuk harus diuji pada rangkaian uji coba ini," lanjut Yopie.

Selama ini, Timnas Wanita Indonesia berada Yogyakarta dari 30 Juni hingga 29 Juli 2019 mendatang untuk menjalani pemusatan latihan tahap akhir. Setelah itu, tim asuhan Rully Nere bertolak ke Jakarta pada 29 Juli dan melanjutkan perjalanan ke Chonburi, Thailand pada 5 Agustus 2019.

Berikut INDOSPORT.com merangkum jadwal laga uji coba Timnas Indonesia Wanita:

*Minggu, 7 Juli 2019, 15.30 WIB
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta vs DIY Putri

*Minggu, 14 Juli 2019, 15.30 WIB
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta vs Astara Sleman Putra U-15

*Sabtu, 20 Juli 2019, 15.30 WIB
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta vs Sleman Putra U-15

*Rabu, 24 Juli 2019, 15.30 WIB
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta vs Baturetno Bantul Putra U-15

*Sabtu, 27 Juli 2019, 15.30 WIB
Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta vs Raga Putra Menoreh Kulon Progo Putra U-15