Liga Indonesia

Beda Nasib dengan Egy, Begini Kabar 3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Eropa

Jumat, 26 Juli 2019 12:39 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© egymaulanavikri/firzaandika11 Verified/ezrawalian
Ezra Walian, Firza Andika, dan Egy Maulana Vikri Copyright: © egymaulanavikri/firzaandika11 Verified/ezrawalian
Ezra Walian, Firza Andika, dan Egy Maulana Vikri

FOOTBALL265.COM - Berbeda dengan Egy Maulana Vikri, karier ketiga pemain muda Indonesia ini di Eropa tak berjalan mulus. 

Tahun 2018 dan 2019 jadi tahun-tahun spesial bagi pemain-pemain muda Indonesia. Dalam kurun waktu hampir dua tahun ini, sejumlah pemain muda tim nasional mendapat kesempatan bermain di Eropa. 

Nama Egy Maulana Vikri menjadi yang paling disorot karena keberhasilannya main di liga utama Polandia bersama klub Lechia Gdansk. 

Walau lebih sering main di tim reserve, namun Egy beberapa kali membuktikan diri mampu menembus skuat utama dan melakukan debut di Ekstraklasa. Bahkan, Egy sudah merasakan juara Piala Polandia dan Piala Super Polandia.

Selain Egy, ada lagi tiga pemain muda potensial yang berkarier di Eropa, mereka adalah Firza Andika, Ezra Walian, dan Hambali Tolib. Namun, berbeda dengan Egy, karier mereka di Eropa seperti mulai menemui jalan buntu. 

1. Firza Andika

Firza Andika dikabarkan resmi terdepak dari klub sepak bola asal Belgia, AFC Tubize, sejak 1 Juli 2019. Pemain Timnas Indonesia U-23 itu diyakini tak diperpanjang kontraknya akibat masalah sponsor.

Beberapa waktu sebelum tanggal yang disebutkan di atas, Josselin Croise selaku General Manager AFC Tubize menjelaskan masalah sponsor Firza yang belum memenuhi kewajibannya. Hal tersebut ia katakan melalui saluran komunikasi elektronik.

Pemutusan kontrak ini membuat kiprah Firza di Belgia hanya berlangsung selama enam bulan. Pemain berusia 20 tahun itu dikontrak pada Januari 2019 usai membantu Timnas Indonesia menjuarai ajang Piala AFF U-22.

2. Ezra Walian

Ezra Walian diketahui sudah tidak lagi menjadi pemain klub Belanda, Almere City. Ezra Walian sendiri musim lalu dipinjamkan oleh Almere City ke RKC Waalwijk. Kini Ezra Walian berstatus tanpa klub setelah kontraknya tak diperpanjang Almere City. 

Kini Ezra Walian dikabarkan tengah diminati oleh klub-klub di Thailand. Salah satu klub yang dikabarkan meminati Ezra Walian adalah Samut Prakan City FC. 

3. Hambali Tolib

Hambali Tolib, 'Si Messi dari Lamongan' sempat mencuri perhatian setelah dirinya diundang trial di klub Kroasia, NK Lokomotiva Zagreb. 

Hambali Tolib menjalani trial sejak 13 Juni hingga 19 Juli 2019. Namun, sepertinya Lokomotiva Zagreb belum memberikan kabar lanjutan mengenai peluang mengontrak Tolib. 

Untuk itu, Persela Lamongan pun kini menanti kembalinya Hambali ke Indonesia. Direncanakan, Hambali Tolib bakal tiba di Indonesia pada pekan ini.