In-depth

Duel Per Lini Madura United vs Persija di Liga 1 2019: Adu Tajam Simic dan Beto

Jumat, 16 Agustus 2019 13:06 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persija Jakarta vs Madura United. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Persija Jakarta vs Madura United.

FOOTBALL265.COMPersija Jakarta akan menjalani pertandingan berat pada pekan ke-14 Liga 1 2019 melawan Madura United, Jumat (14/08/19) malam WIB. Nantinya, Madura United vs Persija akan dimainkan Stadion Gelora Madura, Pamekasan.

Meski saat ini posisi kedua tim masih terpaut jauh, di mana Madura United berada di peringkat ke-3 dan Persija di posisi ke-17, namun mereka diprediksi bakal menampilkan permainan sengit dengan tensi yang cukup tinggi. 

Hal itu tidak terlepas dari skuat yang dimiliki oleh Madura United dan Persija. Seperti yang diketahui, Laskar Sapeh Kerrab serius mendatangkan sejumlah pemain bintang pada bursa transfer jelang Liga 1 2019.

Dengan agresivitas yang diperlihatkan Madura United di bursa transfer kemarin, Madura United pun mendapatkan julukan Los Galacticos. Dengan skuat bertabur bintang, Madura United pun digadang-gadang menjadi kandidat kuat juara Liga 1 2019.

Sedangkan 80 persen skuat Persija pada kompetisi Liga 1 2019 hampir sama dengan musim lalu, saat mereka menjadi juara di kasta teratas sepak bola Indonesia. Dengan begitu, Persija juga memiliki komposisi terbaik di setiap lininya.

Sebelum menyaksikan pertandingan Madura United vs Persija, berikut INDOSPORT sajikan duel lini per lini yang akan menjadi kekuatan dan kunci permainan kedua tim:

Kiper: Muhammad Ridho vs Andritany Ardhiyasa

© Twitter @Persija_Jkt
Andritany melakukan pemanasan jelang laga Persija vs Selangor FA Copyright: Twitter @Persija_JktAndritany melakukan pemanasan jelang laga Persija vs Selangor FA.

Madura United dan Persija sama-sama memiliki penjaga gawang berkualitas di skuatnya, yakni Muhammad Ridho dan Andritany Ardhiyasa. Melihat catatannya pada musim ini, Ridho sedikit diunggulkan karena mampu mencatatkan clean sheets lebih banyak ketimbang Andritany.

Kipper berusia 28 tahun itu mampu menorehkan 3 kali clean sheets dari 9 laga yang dimainkan. Sedangkan Andritany hanya mampu meraih satu clean sheets dari 6 laga.

Meski begitu, tak jadi jaminan kedua kiper itu mencatatkan clean sheets di laga Madura United vs Persija. Mengingat, kedua tim sama-sama memiliki komposisi yang sangat solid di lini serang.

Bek: Jaimerson vs Maman Abdurahman

© Fitra Herdian/Football265.com
Aksi pemain Persebaya, Amido Baldé dijaga ketat pemain Madura United, Jaimerson Xavier. Foto: Fitra Herdian/Football265.com Copyright: Fitra Herdian/Football265.comAksi pemain Persebaya, Amido Baldé dijaga ketat pemain Madura United, Jaimerson Xavier. Foto: Fitra Herdian/Football265.com

Dari lini pertahanan, nampaknya Jaimerson lebih diunggulkan pada pertandingan Madura United vs Persija nanti. Mengingat bek asal Brasil itu sangat mengetahui betul permainan para pemain Persija setelah semusim penuh berseragam Macan Kemayoran.

Meski saat ini Persija dilatih oleh juru taktik berbeda, tapi setidaknya Jaimerson tahu kebiasaan atau karakter pemain depan Macan Kemayoran. Itu bisa menjadi kunci bagi dirinya untuk mematahkan serangan mematikan Persija.

Sedangkan Maman Abdurahman memiliki catatan yang tidak begitu bagus saat berperan sebagai bek tengah di laga melawan Madura United. Karena dari dua kesempatan, ia gagal mempertahankan gawang Persija tetap steril (kalah 0-1 dan imbang 1-1).

Tengah: Andik Vermansah vs Riko Simanjuntak

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Andik Vermansah berusaha keras untuk menggagalkan aksi pemain Bhayangkara FC di Liga 1 2019 pekan ke-12. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAndik Vermansah berusaha keras untuk menggagalkan aksi pemain Bhayangkara FC di Liga 1 2019 pekan ke-12.

Madura United dan Persija sama-sama memiliki pemain sayap yang memiliki kecepatan dalam menggiring bola. Nantinya, Andik Vermansah dan Riko Simanjuntak diprediksi bakal menjadi salah satu inti serangan kedua tim.

Andik dan Riko sendiri terbilang cukup berperan sangat penting bersama timnya masing-masing di kompetisi Liga 1 2019. Mereka mampu memberikan kontribusi nyata bagi produktivitas timnya.

Saat ini, Andik telah mengumpulkan 2 gol dan 1 assists dari 8 pertandingan. Sedangkan Riko telah menyumbangkan 6 assists dari 9 laga yang dimainkannya sejak awal musim Liga 1 2019.

Depan: Beto Goncalves vs Marko Simic

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Bhayangkara FC di Stadion Patriot. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Bhayangkara FC di Stadion Patriot.

Di lini serangnya, kedua tim memiliki penyerang produktif. Jika Madura United memiliki striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves, sedangkan Persija memanfaatkan ketajaman penyerang asing, yakni Marko Simic.

Beto dan Simic sama-sama mengoleksi lebih dari 5 gol. Namun Simic lebih unggul dengan torehan 8 gol dari 9 laga. Beto sendiri hanya mampu mengemas 7 gol dari 12 pertandingan.

Pada pertandingan Madura United vs Persija, bisa menjadi sebuah pembuktian siapa striker yang pantas menyandang status terbaik di kompetisi Liga 1 2019. Patut dinantikan oleh penikmat sepak bola nasional.