Liga Indonesia

Jack Brown, Gelandang Serba Guna yang Bisa Isi Kekosongan Timnas di Piala Dunia U-20

Minggu, 3 November 2019 21:29 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Jack Brown, salah satu gelandang lokal serba guna yang bisa mengisi kekosongan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Indonesia sendiri memang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021 dengan status tuan rumah. Dengan kepastian tersebut, PSSI beserta jajaran pelatih Timnas pun harus bisa menyiapkan skuat Garuda semaksimal mungkin.

Pasalnya event besar tersebut bakal diikuti oleh beberapa negara dengan kekuatan sepak bola cukup disegani di dunia, dan Indonesia berpeluang jadi lumbung gol jika terlalu meremehkan tim-tim peserta.

Selain menghadirkan pelatih berkualitas, pemilihan pemain dengan skill mumpuni juga harus dilakukan agar skuat Merah-Putih memiliki kekuatan yang cukup serta tak dipandang sebelah mata.

Dari sekian banyak bibit muda yang tersebar, mungkin pelatih Timnas Indonesia U-20 nanti bisa mencoba memanggil beberapa pemain keturunan maupun asli Tanah Air yang saat ini sedang berkarier di luar negeri.

Salah satunya adalah Jack Brown, gelandang kelahiran Jakarta yang memperkuat Lincoln FC di kasta ketiga Liga Inggris tersebut punya rekam jejak cukup mentereng bersama klubnya musim ini.

Meski memulai karier di Tim U-18 atau akademi Lincoln FC, namun Jack Brown pernah dua kali diberi kesempatan tampil bersama tim senior yakni saat melawan Nottingham Forest dan Derby County.

Kemampuan Jack Brown yang serba bisa menjadi satu alasan mengapa ia layak mendapat kesempatan di Timnas. Walau posisi aslinya adalah gelandang, namun juara Manchester United Soccer Schools World Skills tahun 2012 ini pernah bermain di posisi lain bahkan hingga bek tengah.

Menariknya ke semua posisi yang ia tempati tersebut, Jack berhasil tampil gemilang bahkan membuat timnya meraih kemenangan saat bertanding.

Salah satunya ketika ia dipaksa menjadi gelandang bertahan di sebuah laga pramusim 2019/20 lalu. Walau harus berlari-larian dan menghentikan pemain lawan, Jack Brown sukses membawa Lincoln FC U-18 menang 3-1 atas Sparta Rotterdam U-19.

© instagram.com/jack9brown/
Jack Brown Saat Menandatangani Kontrak Bersama Lincoln FC Copyright: instagram.com/jack9brown/Jack Brown Saat Menandatangani Kontrak Bersama Lincoln FC

"Iya dia main 90 menit tapi di Defensive Midfielder, dia maunya jadi MCA tapi posisi itu sudah ada orang yang lebih lama di Academynya," ucap Indah Brown selaku ibunda Jack Brown kepada FOOTBALL265.COM

"Dia bilang kerja keras banget karena harus lari ke sana kemari, apalagi kemarin melawan salah satu academy terbaik di Belanda," tambahnya.

Bahkan ketika menjadi pemain bertahan alias bek, Jack Brown kembali tampil gemilang dan lagi-lagi membawa timnya meraih kemenangan telak.

"Kemarin ditaruh jadi defence yang di tengah (bek tengah). Dia kurang menguasai, tapi kata pelatihnya dia main bagus," ucap Indah beberapa waktu lalu.

Rapi dan bersih ketika menjadi pemain bertahan, Jack Brown juga tajam ketika dipercaya memainkan peran winger ataupun gelandang serang. 

Terbukti ia bisa mencetak gol saat Lincoln FC U18 mencukur Huddersfield Town U18 dengan skor 5-0, di laga lanjutan Youth Academy League pada Sabtu (28/09/19) lalu.

Memanfaatkan umpan lambung dari tengah lapangan, Jack Brown berhasil melakukan sprint bahkan mengelabui kiper lawan sebelum menceploskan bola ke gawang.

Dengan catatan tersebut, sejatinya Jack Brown merupakan sosok yang cukup berguna di Timnas Indonesia. Sebab berbekal kemampuannya yang serba bisa mengisi tiap posisi, pelatih tak harus pusing andai salah satu pemain di sektor penyerang atau bertahan mengalami cedera.

Hadirnya Jack Brown bisa menutup celah tersebut, dan pemain kelahiran Jakarta ini pun bisa menjadi kartu truf andai permainan Timnas mengalami stagnan.

1