Liga Indonesia

Siaga Satu! Ini 5 Klub yang Terancam Terdegradasi dari Liga 1 2019

Senin, 25 November 2019 21:33 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Siaga Satu! Ini 5 Klub yang Terancam Terdegradasi dari Liga 1 2019. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Siaga Satu! Ini 5 Klub yang Terancam Terdegradasi dari Liga 1 2019.

FOOTBALL265.COM – Menjelang berakhirnya Liga 1 2019, terdapat setidaknya 5 klub yang perlu siaga satu karena tengah terancam untuk terdegradasi musim ini.

Di papan atas Bali United tampak sudah begitu nyaman dengan berada di puncak klasemen sementara dengan perolehan 57 poin. Bali United tinggal membutuhkan 7 poin saja dari sisa 6 laga untuk menjadi juara Liga 1 2019.

Persaingan di papan atas yang sudah tak begitu ketat ternyata berbeda dengan yang ada di zona bawah. Bayangkan saja setidaknya ada 5 klub yang tengah terancam bakal terdegradasi dari Liga 1 2019 jika tidak segera berbenah.

Kelima klub tersebut menjadi kandidat atau calon kuat untuk terdegradasi karena perolehan poinnya masih jauh untuk mencapai angka yang aman.

Menurut mitos poin aman untuk selamat dari ancaman degradasi adalah 40 angka, untuk itu berikut 5 klub terancam turun kasta dari Liga 1.

Barito Putera

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman sesuai pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman sesuai pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019).

Pertama ada Barito Putera yang sejak ditangani Djajang Nurdjaman sejatinya mengalami perbaikan secara peforma. Bagaimana tidak, baru memimpin 12 laga saja Barito Putera hanya menelan 3 kekalahan saja di bawah asuhan Djajang Nurdjaman.

Namun perolehan 31 poin yang didapat Barito Putera masihlah sangat belum cukup karena mereka hanya unggul 4 angka saja dengan Badak Lampung FC dan Semen Padang di bibir zona degradasi.

Melihat sisa lawan Barito Putera di Liga 1, mungkin duel sesama tim papan bawah yaitu Semen Padang dan lawatan ke Persipura Jayapura bakal jadi ujian berat.

Persela Lamongan

© Instagram@perselafc
Laga pertandingan antara Persela Lamongan vs Barito Putera, Senin (04/11/19). Copyright: Instagram@perselafcLaga pertandingan antara Persela Lamongan vs Barito Putera, Senin (04/11/19).

Tidak ada yang menyangka kalau Persela Lamongan bisa berada dalam ancaman yang sangat nyata untuk terdegradasi dari Liga 1 2019.

Pasalnya ketajaman Alex dos Santos Goncalves sempat membuat banyak orang percaya kalau Persela Lamongan bisa bertahan di Liga 1 2019.

Namun begitu, memasuki putaran kedua, mandulnya Alex Goncalves membuat perolehan poin Persela Lamongan pun ikut tersendat. Akibatnya, Persela Lamongan kini terjerembab di posisi ke-17 dengan hanya mengumpulkan 28 poin saja.

Semen Padang

© semenpadangfcid
Situasi pertandingan Semen Padang vs Barito Putera. Copyright: semenpadangfcidSituasi pertandingan Semen Padang vs Barito Putera.

Selanjutnya ada Semen Padang yang merupakan tim promosi dari Liga 2 2018. Kehancuran Semen Padang memang sudah terlihat sejak awal musim di mana mereka sangat kesulitan untuk meraih kemenangan.

Namun kedatangan pelatih Eduardo Almeida di tengah musim seharusnya bisa menjadi pengharapan bagi Semen Padang untuk bertahan di Liga 1. Pasalnya di 10 laga yang telah dipimpinnya, Semen Padang hanya bisa dikalahkan sebanyak 3 kali saja.

Badak Lampung FC

© aremafcofficial
Dua pemain Badak Lampung FC tengan berduel dengan Ricky Kayame Copyright: aremafcofficialDua pemain Badak Lampung FC tengan berduel dengan Ricky Kayame

Badak Lampung FC juga masuk dalam calon tim yang bisa terdegradasi dari Liga 1 2019 akibat penampilan yang tidak konsisten di sepanjang musim.

Hanya mampu menang 6 kali dan menelan 13 kekalahan dalam 28 laga membuat Badak Lampung berada di zona merah.

Pergantian pelatih ke Milan Petrovic pun tampak tak bisa memberikan dampak yang signifikan karena peforma Badak Lampung tetap inkonsisten. Tercatat sejak diambil alih oleh Milan Petrovic, Badak Lampung hanya mampu menang 4 kali dari 17 laga.

Kalteng Putra

© Instagram/@kaltengputra_id
Skuat Kalteng Putra di Liga 1 2019. Copyright: Instagram/@kaltengputra_idSkuat Kalteng Putra di Liga 1 2019.

Terakhir ada tim asal Kalimantan yang juga penghuni dasar klasemen sementara Liga 1 2019, Kalteng Putra. Berstatus sebagai tim peringkat ketiga dari Liga 2 2018, Kalteng Putra alami kesulitan ketika harus bersaing di Liga 1 musim ini.

Hal itu terlihat dari jumlah kekalahan Kalteng Putra yang sudah menyentuh 16 kali meski baru bermain 28 pertandingan saja.

Dengan hanya mengumpulkan 26 poin, Kalteng Putra perlu dengan cepat melakukan perbaikan peforma jika ingin selamat dari ancaman degradasi Liga 1 2019.

1