Liga Indonesia

Disinggung Jadi Penyebab Hengkangnya Hariono, Robert Alberts Buka Suara

Senin, 23 Desember 2019 02:52 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts seusai pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts seusai pertandingan menghadapi Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menganggap wajar ucapan Hariono seusai melakoni laga pamungkas kompetisi Liga 1 2019 menghadapi PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (22/12/19).

Mantan pelatih PSM ini memahami kondisi Hariono, sehingga Robert Alberts menganggap wajar ucapan yang dikatakan pemain bernomor punggung 24 tersebut di hadapan puluhan ribu Bobotoh. 

Sebagai informasi, seusai pertandingan Hariono dengan berat hati menyampaikan ucapan perpisahan. Selain itu, ia menyatakan keinginannya untuk pensiun di Persib, namun Robert Alberts sudah tidak lagi membutuhkan tenaganya.

"Hariono sedang emosional ketika berbicara di depan umum dan itu tidak apa-apa, apapun bisa diekspresikan. Sama seperti di Chelsea ketika Terry atau Lampard harus bermain di klub lain setelah lama bermain di klub itu," kata Robert Alberts seusai laga. 

Robert Albert mengakui, Hariono sudah memberikan banyak kontribusi bagi tim kebanggaan Bobotoh. Bahkan, selama 11 tahun di Bandung, pemain asal Sidoarjo ini berhasil mempersembahkan gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014. 

Meski begitu, Robert Alberts harus mengambil keputusan tidak memperpanjang kontrak Hariono. Karena, menurutnya skuat Maung Bandung membutuhkan regenerasi dan saat ini Persib memiliki banyak pemain muda potensial, seperti Gian Zola dan Beckham Putra Nugraha. 

"Itu normal tapi kami harus meregenerasi tim, kontraknya usai dan ketika dia tidak dapat perpanjangan kontrak, itu hal biasa di sepak bola profesional. Pemain lain masih punya ikatan kontrak, jadi itu kasus yang berbeda," jelasnya. 

Selain Hariono, Robert Alberts sudah memastikan tidak akan memperpanjang kontrak pemain asing asal Belanda, Kevin van Kippersluis. Keduanya, diberi kesempatan tampil pada pertandingan menghadapi PSM, sebagai pemain pengganti.