Liga Europa

Gerrard Hingga Conte, Para Pelatih Liga Europa yang Pernah Jadi Gelandang Hebat

Rabu, 8 Januari 2020 17:27 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Terdapat sebuah fakta menarik jelang bergulirnya babak 32 besar Liga Europa 2019-2020 di mana empat tim peserta dipimpin pelatih yang dulunya gelandang ternama di kancah sepak bola.

Keempat pelatih tersebut ialah Steven Gerrard (Glasgow Rangers), Neil Lennon (Glasgow Celtic), Antonio Conte (Inter Milan) dan Mikel Arteta (Arsenal). Keempatnya akan menunjukkan kualitasnya dalam melatih saat babak 32 besar Liga Europa.

Nama Steven Gerrard tentu tak asing di telinga para pencinta sepak bola. Mantan pemain Liverpol tersebut kini melatih Rangers, bergabung sejak 2018 silam. Ia telah mengantongi lisensi kepelatihan UEFA Pro dengan formasi andalannya 4-3-3.

Lalu ada Antonio Conte bersama Inter Milan. Terbilang aneh mungkin. Pasalnya, pria berusia 50 tahun tersebut identik dengan Juventus yang merupakan rival abadi Nerazzurri. Bersamanya, La Beneamata musti tersingkir dari Liga Champions dan terpaksa turun kasta.

Selanjutnya Neil Lennon. Namanya mungkin asing bagi sebagian besar pencinta sepak bola. Namun bagi fans Celtic, ia adalah legenda. Kariernya saat menjadi pemain dan pelatih terbilang cemerlang bersama tim asal Skotlandia tersebut.

Dan yang terakhir adalah Mikel Arteta, yang baru didapuk menjadi pelatih Arsenal pada Desember 2019 menggantikan Unai Emery. Ia merupakan salah satu pemain yang pernah membela The Gunners sebelum menimba ilmu kepelatihan saat menjadi asisten Pep Guardiola.

Babak 32 besar Liga Europa pun akan menjadi panggung bagi keempatnya. Meski belum berhadapan satu sama lain, menarik disimak bagaimana kinerja mereka. Akankah taktik yang mereka pakai secemerlang karier mereka semasa bermain?