Liga Indonesia

Ezra Walian Sebut 3 Perbedaan Sepak Bola Indonesia dengan Negara Lain

Senin, 13 Juli 2020 20:04 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Penyerang berlabel Tim Nasional (Timnas) Indonesia milik klub Liga 1 PSM Makassar, Ezra Walian, menyebut tiga perbedaan dari kondisi sepak bola Indonesia dibandingkan dengan negara lain.

Menurut alumni Akademi Ajax Amsterdam ini, dunia bal-balan tanah air masih kekurangan dari segi fasilitas yang belum memadai, utamanya klub-klub profesional yang berlaga di Liga 1 maupun Liga 2.

"Saya pikir, fasilitas sepak bola di sini (Indonesia) masih kurang memadai dibanding negara lain," ungkap Ezra Walian dalam sebuah kesempatan wawancara beberapa waktu lalu.

Eks penggawa Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2017 ini sejatinya mengakui para pesepak bola Indonesia memiliki teknik di atas rata-rata yang bisa bersaing dengan Eropa ataupun Amerika Latin.

"Tapi secara taktik tidak, di Eropa lebih mengandalkan taktik soal bagaimana cara bermain dalam sebuah laga dengan melawan klub yang berbeda-beda," tutur pemilik nomor punggung 10 di PSM Makassar ini.

Terakhir, pria berusia 23 tahun kelahiran Amsterdam ini pun menilai letak geografis Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke menjadi tantangan nonteknis bagi para pesepak bola yang berlaga di Liga 1.

"Di Eropa, kita tidak perlu pergi sangat jauh dengan waktu yang lama dari satu kota ke kota lain dibandingkan di Indonesia. Ini (jarak tempuh) sangat penting untuk tubuh dalam beradaptasi," tandasnya.

Sekadar informasi, Ezra Walian tidak dapat membela Timnas Indonesia dan PSM Makassar di ajang internasional yang terdaftar di FIFA akibat masih bermasalah dalam dokumen pendukung naturalisasinya.