Liga Indonesia

Pemusatan Latihan di Eropa, Timnas Indonesia U-19 Habiskan Rp7 Miliar

Sabtu, 29 Agustus 2020 07:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-19 memang akan melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Eropa. Kroasia menjadi destinasi mereka selanjutnya.

Timnas Indonesia U-19 memang mendapat dukungan penuh dalam mengggelar TC, terlebih setelah Pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama PSSI, menandatangani MoU (Memorandum of Understanding).

Hasilnya, PSSI pun mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 50,6 miliar untuk persiapan timnas U-19 bersiap ke Piala Dunia U-20 2021. Kini sebagai salah satu bentuk persiapannya, Garuda Muda akan bertolak ke Kroasia, Sabtu (29/8/20) nanti malam.

Pertanyaan pun muncul. Berapakah anggaran yang disiapkan PSSI untuk memberangkatkan tim menuju Eropa? Terkait hal ini, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut angka Rp7 miliar.

"Kan dari 51 miliar perinciannya banyak banget. Totalnya kurang lebih Rp7 miliar itu untuk sebulan ke Kroasia," ucap Yunus Nusi saat ditemui di Stadion Madya, Senayan Jakarta, Jumat (28/8/20).

Yunus menegaskan bahwa dana Rp7 miliar baru untuk keperluan akomodasi perjalanan timnas Indonesia U-19 ke Kroasia, belum termasuk uang saku dan keperluan lainnya.

Bahkan, bila timnas Indonesia U-19 melanjutkan pemusatan latihan ke Portugal, Yunus Nusi memastian anggaran akan kembali berubah.

"Angka itu baru akomodasi, belum uang saku dll. Pesawatnya saja sudah hampir Rp1 miliar. Uang saku perinciannya saya kurang tahu. Mereka kan per bulan nanti di sana, ada (uang saku) per harinya. Pokoknya Rp7 miliar, tapi kalau ke Portugal berubah lagi," tukas Yunus.