Liga Indonesia

Liga 1 Beda Nasib dengan IBL, Begini Kata Menpora

Rabu, 6 Januari 2021 20:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali (tengah) saat bersama perwakilan PSSI, Yoyok Sukawi dan Iwan Budianto. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali (tengah) saat bersama perwakilan PSSI, Yoyok Sukawi dan Iwan Budianto.

FOOTBALL265.COM - Lanjutan Liga 1 dan 2 2020 tak juga menemui kejelasan hingga saat ini. Hal itu berbanding terbalik dengan kompetisi bola basket, Indonesian Basketball League (IBL) 2021 yang akan dimulai 15 Januari mendatang.

Hingga saat ini, Liga 1 2020 tak juga ada tanda-tanda digulirkan karena tak adanya izin kepolisian. Padahal, kompetisi rencananya dilanjut awal Februari mendatang dan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti cek kesehatan wajib dan tanpa penonton seperti halnya IBL.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia (Menpora), Zainudin Amali pun angkat bicara. Dirinya mengatakan semua keputusan saat ini berada di kepolisian dan pihaknya hanya memberikan rekomendasi.

"Saya sudah sampaikan bahwa kami merekomendasikan cabor yang sudah siap, tapi penentuan akhir tentang izin sepenuhnya ada di pihak kepolisian," kata Menpora saat menggelar jumpa pers virtual kemarin.

"Tentu ada pertimbangan yang jadi dasar keputusan Polri kenapa kegiatan itu boleh, atau kenapa itu tidak boleh. Kami tidak mau masuk ke situ," imbuhnya.

Menpora menjelaskan, kepolisian punya pertimbangan tersendiri untuk mengeluarkan izin keramaian. Disinyalir masih tingginya kasus Covid-19 jadi alasan pihak keamanan tak memberikan izin ke PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk menggelar pertandingan.