Bola Internasional

Euro 2020: Timnas Swiss, Bukti Mentalitas dan Nasionalisme Tinggi

Sabtu, 3 Juli 2021 11:53 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor:
© DANIEL MIHAILESCU/POOL/AFP via Getty Images
Timnas Swiss di Euro 2020. Copyright: © DANIEL MIHAILESCU/POOL/AFP via Getty Images
Timnas Swiss di Euro 2020.

FOOTBALL265.COM – Selesai sudah perjalanan dari Timnas Swiss di panggung sepak bola benua biru, Euro 2020. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari perjuangan mereka.

Timnas Swiss dipaksa angkat koper setelah mereka takluk dari Spanyol dalam pertandingan babak perempatfinal Euro 2020 melalui adu penalti dengan skor 3-1, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Walaupun tak bisa lagi melanjutkan kiprah mereka di kompetisi sepak bola empat tahunan ini, setidaknya Xherdan Shaqiri pulang dengan kepala tegak dan layak mendapat apresiasi.

Perjalanan mereka selama di Euro 2020 benar-benar patut diacungi jempol, di mana mulai dari fase grup hingga babak perempatfinal ini semangat dan perjuangan mereka tak pernah memudar.

Tak hanya para pemain Timnas Swiss saja yang layak diapresiasi, tetapi juga dukungan dari fans mereka yang membuktikan rasa nasionalisme lebih tinggi daripada mencari hiburan dengan menonton pertandingan sepak bola.

Perjuangan dan mentalitas dari tim besutan Vladimir Petkovic itu sudah terlihat sejak mereka bermain di Grup A Euro 2020.

Saat bermain imbang 1-1 melawan Wales, dalam pertandingan tersebut mereka tidak mencari hasil seri, melainkan terus mengincar kemenangan dengan menggencarkan serangan demi serangan.

© Tolga Bozoglu - Pool/Getty Images
Aksi Gareth Bale di laga Wales vs Swiss dalam laga Grup A Euro 2020. Copyright: Tolga Bozoglu - Pool/Getty ImagesAksi Gareth Bale di laga Wales vs Swiss dalam laga Grup A Euro 2020.

Berbeda dengan Wales yang memilih bermain aman dan sudah cukup puas dan tetap mengincar hasil imbang hingga akhir laga.

Hal itu bisa dibuktikan dari statistik yang dicatat oleh LiveScore, di mana Swiss mampu memegang 63 persen penguasaan bola berbanding 37 persen milik Wales.

Tak hanya itu, Swiss juga melepaskan 11 tembakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang Wales, sedangkan Wales hanya melakukan tiga tembakan saja.

Tak mau dianggap sebagai salah satu kuda hitam di Euro 2020, Timnas Swiss semakin menunjukkan mentalitas mereka sejak pertandinga kedua Grup A kala melawan tim unggulan Italia.

Meski mereka dilibas dengan skor 0-3, namun Swiss tak pernah berhenti untuk merusak lini pertahanan dari Italia.

Bahkan, Gli Azzurri pun mencetak tiga gol tersebut tidak mudah karena mereka juga dibuat kerepotan dengan permainan Swiss.

Posisi bola saja dipegang oleh Swiss dengan rataan 51 persen, sedangkan Italia mengendalikan bola dengan rataan 41 persen.

Mereka pun kian perkasa saat melakoni pertandingan terakhir saat melumat Turki dengan skor 3-1.

Hasilnya, mereka tetap berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020 meski harus melalui jalur peringkat tiga terbaik.