Liga Inggris

Piala AFF: Elkan Baggott Cetak Gol untuk Timnas Indonesia, Begini Reaksi Klubnya di Inggris

Senin, 20 Desember 2021 11:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Klub asal Inggris, Ipswich Town, ikut bereaksi setelah pemainnya Elkan Baggott mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020. Copyright: © PSSI
Klub asal Inggris, Ipswich Town, ikut bereaksi setelah pemainnya Elkan Baggott mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020.

FOOTBALL265.COM – Klub asal Inggris, Ipswich Town, ikut bereaksi setelah pemainnya Elkan Baggott mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia menjalani pertandingan melawan Malaysia di partai pamungkas Grup B Piala AFF yang digelar di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/21).

Bek keturunan Inggris, Elkan Baggott, menjadi penentu kemenangan 4-1 Tim Garuda atas Malaysia sekaligus memastikan tim lolos ke babak semifinal Piala AFF sebagai juara grup.

Memasuki menit pertandingan ke-82, Timnas Indonesia mendapat hadiah sepak pojok. Evan Dimas menjadi eksekutor mengarahkan bola kea rah Elkan Baggott yang siap di depan gawang.

Meski dikawal pemain naturalisasi Malaysia, Dion Cools, Elkan Baggott sangup memenangi duel udara.

Loncatan tinggi Elkan juga tak mampu disaingi kiper Malaysia, Khairul Fahmi Che Mat. Alhasil, sundulan bek Ipswich Town U-23 itu menembus ke gawang Malaysia.

Detik-detik Elkan Baggott mencetak gol sunduran diabadikan oleh Ipswich Town. Klub yang dibela Elkan Baggott tersebut ikut senang dengan torehan pemain belakang dengan tinggi 195 sentimeter itu.

“Yes Elkan!” tulis Ipswich Town, yang diakhiri dengan emoji tos kepalan tangan.

Bisa dibilang, gol ke gawang Timnas Malaysia ini akan menjadi kendangan indah bagi Elkan Baggott. Pasalnya, ini merupakan gol perdananya sejak berseragam Timas Indonesia.

Selain itu, golnya tersebut membuat Elkan mencatat sejarah di Piala AFF. Tercatat, Elkan menjadi pemain asing ketiga Timnas Indonesia yang membobol gawang Malaysia di Piala AFF.

Ia menyusul jejak pendahulunya, yakni Cristian Gonzales (Uruguay) dan Irfan Bachdim (Belanda-Indonesia).

Menariknya, Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim melakukannya di laga yang sama, yakni saat Timnas Indonesia menang 5-1 atas Malaysia di matchday pertama Grup A Piala AFF 2010.