Bola Internasional

Piala AFF: Rutinitas Unik Shin Tae-yong, Bisa Bakar Semangat Pemain Timnas

Senin, 20 Desember 2021 11:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© pssi
Shin Tae-yong, latihan timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura. Copyright: © pssi
Shin Tae-yong, latihan timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura.

FOOTBALL265.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan salah satu rutinitas selama memimpin tim dalam pertandingan. Dia selalu berdiri selama 90 menit, termasuk di Piala AFF 2020. 

Ketika Indonesia menang telak 4-1 atas Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/21), Shin Tae-yong tak sekalipun duduk. Dia tetap berdiri sambil memberikan instruksi untuk menemani pemain yang berjibaku di atas lapangan. 

"Selama jadi pelatih, saya tak pernah duduk di bench sekali pun karena selama 90 menit pemain kerja keras jadi saya juga tunjukan kerja keras. Itulah salah satu rutinitas saya," kata Shin Tae-yong.

Semangat berapi-api Shin Tae-yong memang terlihat jelas. Dalam satu momen di babak pertama, juru taktik asal Korea Selatan itu melakukan protes keras kepada wasit keempat karena ia melihat pelanggaran keras kepada pemain timnas Indonesia dibiarkan begitu saja. 

Sejak awal melatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan mental baja dan pemenang harus dimiliki pemain. Hal itu perlahan terlihat dalam tim asuhannya yang didominasi pemain muda.