Bola Internasional

Piala AFF: Baihakki Khaizan, Pahlawan Timnas Singapura yang Jatuh Cinta dengan Persija

Selasa, 21 Desember 2021 15:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

FOOTBALL265.COM – Mengenal kembali sosok Baihakki Khaizan, sang pahlawan Timnas Singapura sepanjang gelaran Piala AFF yang akui telah jatuh cinta dengan Persija Jakarta.

Pada gelaran Piala 2020 ini, Singapura bakal melanjutkan perjuangan mereka dengan menghadapi Timnas Indonesia pada babak semifinal hari Rabu (22/12/21) mendatang.

Secara statistik lima pertemuan terakhir, Singapura sejatinya punya rapor pertandingan lebih baik ketimbang Timnas Indonesia.

Tercatat, Singapura mampu meraih tiga kemenangan atas Timnas Indonesia, sementara skuat Garuda cuman dua kali yakni di tahun 2012 dan 2016 silam.

Namun pada gelaran Piala AFF 2020, Timnas Indonesia mampu tampil superior lantaran belum rasakan kekalahan dari empat partai serta mampu mencetak 13 gol.

Sementara Singapura sebagai pihak penyelenggara, sempat bermain apik di tiga pertandingan awal sebelum akhirnya tumbang dari Thailand dan membuat mereka finish sebagai runner up Grup A.

Jika berbicara lebih jauh soal Timnas Singapura, sejatinya Negara berperingkat 160 FIFA ini punya prestasi sangat mentereng dengan mengoleksi empat gelar juara.

Bahkan, Timnas Singapura berhasil menyamai catatan Thailand yang mampu back to back juara pada tahun 2004 dan 2007.

Dibalik keberhasilan Timnas Singapura sepanjang sejarah Piala AFF, ada satu sosok pemain yang jadi kunci pertahanan serta pilar penting The Lions dalam merengkuh gelar juara.

Adalah Baihakki Khaizan, bek jangkung yang menjelma sebagai tembok pertahanan kokoh Singapura era 2003-an hingga pensiunnya sang pemain dari Timnas pada September 2019 lalu.

Berbekal tinggi hampir 190 cm, Baihakki Khaizan sangat gampang dikenali kala bertanding di lapangan.

Dengan postur tubuhnya itu pula, Baihakki Khaizan selalu memenangi duel udara dan jadi pemutus serangan Singapura saat lawan melakukan long ball.

Selain itu, kemampuannya dalam membaca serangan membuat Baihakki Khaizan kerap menyulitkan para penyerang lawan untuk mencetak gol.

Tak heran, jika di usia yang masih 19 tahun jebolan National Football Academy ini sudah menembus skuat Timnas Singapura dan tampil saat The Lions menghadapi Hong Kong.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Jalan Besar Stadium, Singapura tersebut, Baihakki Khaizan bermain sebagai starter dan membawa negaranya menang telak 4-1.

Total selama 18 tahun berseragam Timnas Singapura, Baihakki Khaizan mampu catatkan 142 caps dan mencetak 5 gol di semua kompetisi.

Untuk gelaran Piala AFF, Baihakki Khaizan selain jadi bagian penting dalam keberhasilan Singapura back to back juara edisi 2004 dan 2007, dirinya juga merupakan pahlawan tim Singa saat kembali angkat trofi di tahun 2012 lewat gol kemenangan di leg pertama partai final kontra Thailand.