In-depth

3 Pelatih Lokal yang Sukses Bawa Negaranya Juara Piala AFF, Tahun Ini Dijamin Tak Ada

Selasa, 20 Desember 2022 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan pelatih Thailand yang pernah juara Piala AFF, Kiatisuk Senamuang. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mantan pelatih Thailand yang pernah juara Piala AFF, Kiatisuk Senamuang. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

FOOTBALL265.COM - Sederet pelatih asing menyerbu gelaran Piala AFF 2022 yang mulai berlangsung hari ini, Selasa (20/12/22).

Ada hal unik memang, di edisi Piala AFF kali ini, di mana seluruh kontestan yang berpartisipasi ditangani oleh pelatih asing.

Selain Timnas Indonesia yang ditangani Shin Tae-yong, Vietnam dan Malaysia juga dibesut pelatih asal Korea Selatan. Kemudian ada Alexandre Polking di Timnas Thailand dan yang lainnya.

Namun sepanjang sejarah turnamen, sepak terjang para pelatih lokal juga tidak kalah hebat dari mereka yang berasal dari luar negeri.

Sejak turnamen dimulai pada tahun 1996, tercatat ada tiga pelatih lokal yang berhasil membawa tim asuhannya memenangkan Piala AFF.

Nah, siapa saja mereka, para local pride yang berprestasi untuk negaranya tersebut?

Thawatchai Sartjakul (Timnas Thailand)

Sosok yang satu ini menjadi pelatih pertama yang mencatatkan kemenangan di Piala AFF. Bersama Timnas Thailand, ia berhasil membawa pulang gelar juara di edisi 1996.

Saat itu, kompetisi Piala AFF bahkan masih bernama Tiger Cup dan diselenggarakan di Singapura pada bulan September.

Timnas Thailand memiliki bekal yang apik di fase gugur setelah meloloskan diri sebagai juara grup. Di semifinal, mereka menekuk Thailand untuk akhirnya menginjakkan kaki di partai puncak.

Di final Piala AFF 1996, Timnas Thailand berjumpa Malaysia dan memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Adalah Kiatisuk Senamuang yang menjadi pencetak gol tunggal di laga tersebut.