Liga Indonesia

Liga 1: Gandeng Tim Eksternal, Arema FC Geber Tes Fisik untuk Persiapan Kompetisi

Rabu, 10 Mei 2023 17:18 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Bagas Adi Nugroho dan Johan Farizi pemain Arema FC saat lakukan tes fisik. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Bagas Adi Nugroho dan Johan Farizi pemain Arema FC saat lakukan tes fisik. (Foto: MO Arema FC)

FOOTBALL265.COM - Arema FC terus memantapkan persiapan tim jelang mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 mendatang. Program latihan semakin intensif dilakukan.

Memasuki pekan kedua, tahapan program latihan juga semakin meningkat levelnya. Dari yang hanya sekedar menjaga kebugaran fisik, kini mulai ditingkatkan.

Arema FC lantas menggeber tes yang khusus bertujuan untuk mengetahui level kebugaran fisik dalam sesi latihan di Stadion Gajayana, Rabu (10/05/23).

Agar program berjalan maksimal, klub berlogo kepala singa lantas menggandeng tim eksternal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

"Jadi, kita membantu tim pelatih untuk melakukan beberapa tes kebugaran (fisik)," ungkap Dokter Arema FC, Nanang Tri Wahyudi kepada awak media.

"Nantinya, (penilaian) ini akan menjadi rekomendasi berkaitan dengan program latihan ke depan," imbuh dokter bergelar SpKO (spesialis keolahragaan) tersebut.

Dia lantas menjabarkan ada 7 tes yang digelar dalam latihan tersebut. Semuanya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana level kebugaran anak asuh I Putu Gede.

Ke-7 tes yang digeber Arema FC antara lain antropometri, flexibility test, dynamometer, jumpu, speed test, agility test dan submaximal test atau endurance.

"Kapten (Johan Ahmat Farizi) masih bagus, levelnya paling tinggi. Kemudian ada Bagas (Adi Nugroho) dan pemain lainnya," bilang dokter Nanag.

"Hal ini akan menjadi bahan acuan saat ada tes berikutnya. Nanti akan kita setorkan ke tim pelatih," pungkas dia.