Liga Indonesia

Profil Uston Nawawi, Direktur Teknik Baru Persebaya yang Bertangan Dingin

Selasa, 13 Juni 2023 16:33 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Hersdian/INDOSPORT
Uston Nawawi memimpin latihan Persebaya di stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Jumat (25/10/19). Copyright: © Fitra Hersdian/INDOSPORT
Uston Nawawi memimpin latihan Persebaya di stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Jumat (25/10/19).

FOOTBALL265.COM - Persebaya Surabaya baru saja mengumumkan Uston Nawawi sebagai direktur teknik baru. Namanya tentu sudah tidak asing lagi di kancah sepak bola Indonesia.

Terutama bagi kelompok suporter Persebaya lantaran Uston Nawawi adalah legenda klub. Dia juga sempat menjabat asisten pelatih Aji Santoso.

Saat masih aktif sebagai pesepak bola, pria kelahiran 6 September 1978 ini menjadi sosok penting di Persebaya. Dia ikut berjasa mengantarkan Bajul Ijo ke podium juara Liga Indonesia 2004. 

Prestasi lainnya adalah sukses meraih juara pada saat berusia 19 tahun. Belakangan Uston Nawawi menjadi tokoh sentral di balik kemilau prestasi Persebaya di EPA U-20 2020.

Tim EPA yang dia nakhodai itu sukses menjadi juara dengan mengalahkan Barito Putera via babak adu penalti di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Meski saat ini memiliki jabatan baru, yaitu Direktur Teknik Persebaya Surabaya, rupanya Uston Nawawi masih menduduki posisi asisten pelatih Aji Santoso.

Memang kelihatannya cukup melelahkan, namun Uston Nawawi mengaku tetap bersyukur dan menjalaninya dengan nyaman dan tanpa beban. Dia mengaku akan terus berusaha mendampingi Aji Santoso.

“Tidak mau bilang itu (Direktur teknik) sebagai jabatan. Bagi saya amanah. Saya akan jalani semuanya dengan maksimal. Istilahnya ikuti seperti air,” kata Uston, Selasa (13/6/23).

Sementara itu, untuk tugas barunya, Uston Nawawi mendapatkan mandat melakukan sinkronisasi pemain junior untuk kemudian dipromosikan ke skuat senior.

Tugas ini menurut Uston Nawawi juga penting karena diharuskan memantau pemain-pemain junior Persebaya Surabaya yang memiliki bakat di atas rata-rata.