Liga 1

Manajemen Persib Bandung Siapkan Kriteria untuk Pengganti Luis Milla

Minggu, 16 Juli 2023 11:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pelatih Persib Bandung, Luis Milla. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan pelatih Persib Bandung, Luis Milla. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Manajemen Persib Bandung sudah menyiapkan beberapa kriteria calon pelatih, untuk menggantikan posisi Luis Milla yang memutuskan mundur usai pertandingan pekan ketiga Liga 1 2023-2024.

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, manajemen sudah menyusun kriteria untuk mencari sosok pelatih baru, agar di Liga 1 2023-2024 tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil maksimal.

Lebih lanjut Teddy menuturkan, untuk menentukan sosok pengganti Luis Milla memang tidak mudah, apalagi saat ini kompetisi Liga 1 2023-2024 sedang bergulir dan akan memasuki pekan keempat.

Sehingga, sebelum menentukan pelatih baru, pihaknya akan akan melakukan diskusi di internal manajemen Persib, agar sosok yang direkrut menggantikan Luis Milla sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi.

Sejauh ini, Teddy belum bisa memberikan bocoran mengenai nama-nama calon pelatih yang diincar untuk mengisikan posisi yang ditinggalkan oleh Luis Milla

Pasalnya, jika sudah menemukan sosok yang tepat untuk mengisinya posisi pelatih Persib, manejemen pasti bakal mengumumkan kepada publik. 

Teddy sendiri berharap, dalam waktu dekat bisa mendapatkan pelatih baru untuk skuad Maung Bandung, agar persiapan tim di kompetisi Liga 1 2023-2024 bisa lebih maksimal.

"Memang ada beberapa kriteria dari beberapa calon pelatih tersebut yang akan menjadi bahan diskusi bagi kita di internal, baik di komisaris dan direksi untuk segera memutuskan," kata Teddy Tjahjono.

Manajemen Persib menurut Teddy, tidak ingin asal rekrut untuk mengisi jabatan pelatih skuad Maung Bandung, pasalnya posisi tersebut sangat penting di dalam tim. 

Sehingga, manajemen harus mempertimbangkan berbagai hal, sebelum menunjuk sosok pelatih Persib untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang sudah bergulir tiga pekan.

"Banyak parameter yang jadi acuan untuk memutuskan seorang pelatih, karena memang akhirnya semua keputusan di Persib perlu pembicaraan dengan Direksi dan Komisaris untuk melakukan sebuah keputusan," jelasnya.

Sebagai informasi, Luis Milla sendiri merupakan sosok pelatih yang berpengalaman dan sempat menangani Timnas Indonesia, serta musim lalu membawa Persib finish di peringkat ketiga klasemen Liga 1 2022-2023.

Sehingga, manajemen Persib pasti ingin merekrut pelatih yang secara kualitas dan pengalaman tidak jauh berbeda dari pelatih asal Spanyol tersebut.

Apalagi, tim kebanggaan Bobotoh ini selalu dituntut untuk bisa tampil maksimal dalam setiap laga dan dapat meraih gelar juara di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

Selama belum mendapatkan sosok pelatih, manajemen Persib akan menugaskan pelatih fisik Yaya Sunarya dibantu oleh Bayu Eka Sari (Bang Bes) dan Luizinho Passos untuk memimpin tim menghadapi laga selanjutnya di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Laga terdekat yang akan dihadapi oleh Persib, setelah Luis Milla memutuskan untuk mundur yakni menghadapi tuan rumah PSM Makassar di Stadion Gelora B.J Habibie, 22 Juli mendatang.

Sementara itu, Luis Milla memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih Persib, dengan alasan keluarga di Spanyol yang tidak dapat ditinggalkan olehnya.

Sehingga, untuk menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian serta konsentrasinya di negaranya. Untuk itu, dia memutuskan untuk mundur dari tim Persib.

Keputusan Luis Milla untuk mundur, diikuti juga oleh Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez. Mereka, memutusakan untuk mundur dari jajaran staf pelatih. 

Mundurnya Luis Milla, bersama dua asistennya, membuat Persib Bandung menyisakan tiga staf pelatih, yakni Yaya Sunarya, Bayu Eka Sari (Bang Bes) dan pelatih penjaga gawang, Luizinho Passos.