In-depth

Kronologi Gagalnya Transfer Harry Maguire dari Manchester United ke West Ham

Rabu, 16 Agustus 2023 03:15 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Reuters-Carl Recine
Pemain Manchester United, Harry Maguire saat menghadapi Everton Reuters-Carl Recine Copyright: © Reuters-Carl Recine
Pemain Manchester United, Harry Maguire saat menghadapi Everton Reuters-Carl Recine

FOOTBALL265.COM - Fans raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United sepertinya harus gigit jari usai Harry Maguire resmi batal pindah ke West Ham United.

Sebelumnya, bek kontroversial Manchester United yakni Harry Maguire dikabarkan segera diresmikan oleh West Ham United di bursa transfer musim panas 2023.

Manchester United sendiri telah setuju dengan tawaran West Ham United yang siap membayar mahar Harry Maguire di bursa transfer dengan biaya 30 juta pounds atau sekitar Rp583 miliar.

Akan tetapi, negosiasi gaji menjadi penyebabnya. Tim asal London Timur itu dilaporkan hanya mau membayarnya sekitar 100 ribu pounds per pekan.

Di sisi lain, Harry Maguire ingin dirinya mendapatkan gaji sebesar 190 ribu pounds per pekan. Situasi ini membuat transfer ini menjadi tersendat.

Selain soal gaji, sang bek juga meminta manajemen Manchester United mengover sisa gajinya dalam rupa pesangon. Jumlah yang diminta yakni sebesar 15 juta pounds atau sekitar Rp292 Miliar.

Karena adanya sejumlah masalah tersebut, West Ham United sudah terlanjut frustrasi dan membatalkan niat memboyong bek berusia 30 tahun tersebut.

Fans Manchester United sepertinya masih akan melihat Harry Maguire tampil bersama Setan Merah pada musim 2023-2024.

Meski begitu, dirinya harus bersiap kembali menjadi penghias bangku cadangan pasukan Erik ten Hag. Ia memang sudah tak lagi dipercaya sebagai opsi utama oleh Erik ten Hag.

Pada musim 2022-2023 lalu, Harry Maguire hanya diberi kesempatan tampil sebanyak 31 kali di semua ajang.

Dari jumlah tersebut, dia hanya 16 kali dipasang menjadi starter. Erik Ten Hag lebih memercayakan pertahanan Manchester United dikawal oleh Lisandro Martinez dan Raphael Varane.

Bahkan, bila salah satu di antara Varane atau Martinez absen, Harry Maguire belum tentu dipilih sebagai pengganti.

Sementara itu, bila Harry Maguire batal ditendang oleh Manchester United sebelum bursa transfer tutup per 1 September 2023, ada kemungkinan kesepakatan dengan bek Bayern Munchen, Benjamin Pavard, juga ikut kandas.