In-depth

Siapa Sardar Azmoun? Bomber Iran yang Dikabarkan Sepakat Gabung AC Milan

Minggu, 20 Agustus 2023 11:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Suhaib Salem
Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan penyerang asal Iran, Sardar Azmoun. Copyright: © REUTERS/Suhaib Salem
Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan penyerang asal Iran, Sardar Azmoun.

FOOTBALL265.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan penyerang asal Iran, Sardar Azmoun.

Dilaporkan oleh media Jerman, Bild, AC Milan telah mencapai kesepakatan personal dengan Sardar Azmoun untuk bergabung di musim panas 2023 ini.

Kini, tim berjuluk Rossoneri itu tinggal merampungkan biaya transfernya dengan Bayer Leverkusen selaku pemilik pemain berusia 28 tahun itu.

AC Milan sendiri memang tengah dikaitkan memboyong penyerang baru seiring bakal dilepasnya Divock Origi dan dipinjamkannya Lorenzo Colombo.

Kepergian dua pemain itu membuat tim asal Kota Milano itu membutuhkan pemain nomor 9 baru untuk menjadi deputi dan penerus Olivier Giroud.

Karenanya, AC Milan banyak mengincar penyerang dan kini telah mencapai kesepakatan dengan Sardar Azmoun yang terbuka untuk bergabung.

Azmoun, sapaannya, adalah penyerang asal Iran yang dalam beberapa tahun terakhir kerap menjadi perbincangan, sejak dirinya berhasil mencuri perhatian pada usia 15 tahun.

Pemain kelahiran 1 Januari 1995 itu pertama kali menggebrak panggung Eropa saat usia 18 tahun, kala dirinya bergabung dengan raksasa Rusia, Rubin Kazan, pada Januari 2013.

Debutnya bagi Rubin Kazan baru hadir enam bulan kemudian, di mana ia mencetak 4 gol dan 3 assist dari 14 laga yang membuatnya mendapat penawaran dari Arsenal.

Namun Azmoun tetap bertahan di Rubin Kazan hingga 2014/15 dan kemudian bergabung FK Rostov dengan sumbangan 25 gol dari 77 laga dan berlanjut ke Zenit St Petersburg pada 2019.

Di Zenit, Azmoun kian menegaskan dirinya sebagai penyerang top dengan mencetak 62 gol dan 23 assist dari 106 penampilan saja, sehingga Bayer Leverkusen meminangnya pada Januari 2022.

Sayang di Bayer Levekusen Sardar Azmoun hanya mencetak 5 gol dari 44 laga. Lalu mengapa AC Milan meminatinya dengan catatan yang tak cukup cemerlang itu?