In-depth

Bedah Formasi Ideal Timnas Indonesia Kontra Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 10 Oktober 2023 07:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

FOOTBALL265.COM – Intip potensi formasi terbaik yang cocok digunakan Timnas Indonesia saat menghadapi Brunei Darussalam di babak kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (12/09/2023).

Perjuangan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026 akan di mulai pekan ini, di mana skuat Garuda bakal menghadapi Brunei Darussalam dalam dua leg kualifikasi putaran pertama.

Di leg pertama, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu dan menjamu Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pada pertandingan ini, sebanyak 26 pemain dipanggil oleh Shin Tae-yong, termasuk sejumlah nama yang telah jadi langganan seperti Witan Sulaeman, Nadeo Argawinata, Marc Klok dan Rachmat Irianto

Skuat Garuda juga diharapkan bisa meraih kemenangan, mengingat kita memiliki rekor apik kala bersua Brunei Darussalam sepanjang sejarah.

Tercatat, Timnas Indonesia mampu meraih delapan kemenangan, dua kali hasil imbang dan dua kali kekalahan ketika menghadapi Brunei.

Tak cuma rekor head to head yang jauh lebih unggul, secara materi pemain pun Timnas Indonesia lebih baik ketimbang tim lawan.

Jika melihat dari daftar pemain yang dibawa pelatih Shin Tae-yong, ada beberapa formasi potensial yang layak dipakai Timnas Indonesia saat hadapi Brunei Darussalam nanti.

Salah satunya adalah skema 3-4-3 yang telah jadi trademark Timnas Indonesia selama era kepelatihan STY.

Lantas bakal seperti apakah formasi tersebut jika kembali dipakai pada kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti? Untuk mengetahuinya, berikut INDOSPORT coba mengulas: