x

4 Calon Pengganti Djanur sebagai Pelatih Persib

Kamis, 8 Juni 2017 13:44 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
Djajang Nurdjaman.

Djajang Nurdjaman resmi mengundurkan diri sebagai pelatih kepala Persib Bandung. Hal ini sebagai langkah pelatih yang akrab disapa Djanur tersebut, agar tim Maung Bandung lebih baik ke depannya.

Keputusan mundur Djanur merupakan desakan dari keluarga yang tak tega melihat pelatih asal Majalengka itu mendapat tekanan dari pendukung Persib, Bobotoh, atas performa tim Pangeran Biru yang kurang apik di Gojek Traveloka Liga 1.

Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurdjaman.

Persib hanya menempati posisi ke-13 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 13 poin dari sembilan laga. Tim Maung Bandung mengalami kekalahan dua kali beruntun dari Bali United FC (0-1) dan Bhayangkara FC (0-2).

Baca Juga:

Teka-teki siapa pengganti Djanur naik ke permukaan perbincangan hangat para pencinta sepakbola nasional. Disinyalir ada empat calon kuat yang digadang-gadang sebagai pengganti Djanur. Siapa saja mereka?

Skuat Persib Bandung saat hadapi Bhayangkara FC.

Berikut empat calon yang digadang menjadi pengganti Djanur sebagai pelatih Persib Bandung, khusus untuk para pembaca INDOSPORT:


1. Dejan Antonic

Dejan Antonic.

Dejan Antonic disinyalir menjadi calon kuat pengganti Djajang Nurdjaman. Maklum, Dejan sudah mengenal komposisi pemain Persib.

Ia pernah menjadi pelatih Persib di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 menggantikan Djanur yang menempuh kursus kepelatihan di Inter Milan. Namun sepak terjangnya tidak berjalan lama.

Dejan Antonic.

Dejan dipecat manajemen usai Persib bermain buruk di TSC 2016. Uniknya, saat itu manajemen Persib memanggil Djanur untuk menggantikan Dejan. Djanur sendiri ketika itu menganggur usai menempuh pendidikan kepelatihan di Inter Milan.

Saat ini, Dejan merupakan pelatih South China di Liga Primer Hongkong. Ia berhasil menempatkan South China berlaga di play off Piala AFC 2018 usai finish di urutan keempat klasemen akhir Liga Primer Hongkong 2017.


2. Kiatisuk Senamuang

Kiatisuk Senamuang.

Kiatisuk Senamuang menjadi salah satu calon kuat pengganti Djajang Nurdjaman. Hal itu terjadi lantaran pendukung Persib, Bobotoh meminta agar Kiatisuk menjadi suksesor Djanur.

Ditambah lagi, saat ini Kiatisuk sedang menganggur usai mengundurkan diri dari jabatan pelatih kepala Timnas Thailand. Ia hanya sibuk mengelola yayasan yang didirikannya, Zico Foundation, dan menjadi duta Unicef.

Kiatisuk Senamuang saat masih menjadi pelatih dan Timnas Thailand.

Sepak terjang Kiatisuk sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia berhasil membawa Timnas Thailand menjadi juara Piala AFF dua kali beruntun pada tahun 2014 dan 2016.


3. Robby Darwis

Robby Darwis.

Nama ketiga yang muncul adalah Robby Darwis. Mantan pemain Persib di era 1980-1990-an tersebut sebagai pilihan terkahir.

Ia sudah mengenal seluk-beluk Persib sebagai pemain dan pelatih. Pria yang kini berumur 51 tahun itu pernah membawa Persib meraih juara Perserikatan tahun 1986, 1989, dan 1994 sebagai pemain. Lalu membawa Persib menjuarai Liga Indonesia I 1995.

Robby Darwis pernah menjadi pelatih Persib di ISL 2008 dan 2010. Ia mampu membawa Persib finis di posisi ketiga klasemen akhir ISL 2008. Lalu, turun satu peringkat di klasemen akhir ISL 2010.

Robby Darwis.

Robby Darwis juga dikenal sebagai pelatih yang mampu mengembangkan bakat-bakat muda. Maklum, ia sangat aktif beberapa Sekolah Sepakbola (SSB) dan Diklat Persib.

Bukan tidak mungkin, pria yang kini bekerja sebagai karyawan BNI itu akan melatih Persib. Bahkan, kemungkinan ia rela membagi waktu pekerjaan yang dilakoninya sekarang, untuk bisa menangani klub yang membesarkan namanya.


4. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan.

Rahmad Darmawan juga digadang-gadang sebagai kandidat pengganti DjajangNurdjaman. Pelatih yang akrab disapa RD itu memiliki segudang pengalaman.

Ia pernah membawa Persipura Jayapura juara Liga Indonesia 2005 dan Sriwijaya juara Liga Indonesia 2017 . Pelatih kelahiran Metro, Lampung itu juga pernah mempersembahkan juara Piala Indonesia 2007, 2009, dan 2010 untuk Sriwijaya FC. Bahkan, ia pernah membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak SEA Games 2011 dan 2013.

Rahmad Darmawan saat memimpin latihan T-Team FC.

Kini, bukan tidak mungkin Persib akan menggelontorkan dana untuk menebus RD dari Terengganu II FC (T-Team FC) untuk bisa mengangkat performa Atep dkk di Gojek Traveloka Liga 1.

Persib BandungDjajang NurdjamanDejan AntonicRahmad DarmawanRobby DarwisLiga IndonesiaKiatisuk SenamuangLiga 1

Berita Terkini