x

6 Gol Terbaik Wayne Rooney di Everton

Senin, 10 Juli 2017 03:52 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Wayne Rooney resmi bergabung ke Everton.

Dunia sepakbola sedang dihebohkan dengan kembalinya Wayne Rooney ke klub masa kecilnya, Everton di jendela transfer musim panas ini.

Rooney memang sempat melambungkan namanya bersama klub yang berkawasan di Merseyside itu pada tahun 2002 dan pada akhirnya ia mengembangkan nama dan kariernya bersama Man United selama 13 tahun.

Baca Juga:

Rooney sendiri mengawali karier persepakbolaannya bersama tim junior Everton selama 6 tahun atau tepatnya dari tahun 1996 hingga 2002 lalu.

Pada tahun 2002, pemain asal Inggris ini dipromosikan ke tim senior The Toffees oleh pelatih mereka kala itu, David Moyes.

Sejak saat itulah, Rooney mulai menjadi pusat perhatian di Inggris dan Manchester United melalui pelatih mereka saat itu, Sir Alex Ferguson berhasil mengamankan Roo yang kala itu masih berusia 17 tahun.

Sebelum membela The Red Devils, rupanya striker yang juga akrab dipanggil Wazza ini pernah mencetak gol dengan indah selama 2 tahun membela Everton.

Seperti apakah itu? Berikut ini cuplikan gol cantik Rooney saat membela Everton pada periode pertamanya versi INDOSPORT:


1. Rooney vs Leicester City

undefined

Pertandingan ini terjadi pada Liga Primer Inggris di bulan Desember musim 2003/04 antara Everton melawan Leicester City. Dalam laga ini, dapat dikatakan pertandingan berjalan seimbang dan sengit, karena kedua tim sama-sama tampil ngotot.

Hasil akhir berhasil dimenangkan oleh Everton dengan skor 3-2. Namun, Everton mungkin saja tidak akan meraih kemenangan jika Rooney tidak mencetak gol.

Ya, Rooney memang saat itu tidak mencetak gol kemenangan, tetapi ia mampu mencetak gol penyeimbang, saat The Toffees tertinggal 1-2.

Gol dari Rooney di menit ke-70 yang memanfaatkan umpan dari Kevin Campbell benar-benar memberikan semangat yang besar bagi anak asuh David Moyes.

Hanya berselang 8 menit usai gol dari Rooney, Everton berhasil mengembalikan kedudukan menjadi 3-2 melalui gol dari Tomasz Radzinki.

Gol dari Rooney ini terbilang istimewa, karena ia benar-benar cerdik dalam mencari ruang tembak dan dapat membantu rekannya untuk memberikan tekanan terhadap sang lawan.


2. Rooney vs Aston Villa

undefined

Bagi pencinta sepakbola sejati, jika melihat gol dari Rooney ini mungkin terlihat biasa saja. Namun, yang perlu dicermati dan diacungi jempol adalah, Rooney dapat menjadi pahlawan bagi Everton saat melawan Aston Villa pada bulan April musim 2002/03.

Saat itu, laga telah memasuki menit-menit akhir dan kedua tim besar kemungkinan sudah menerima jika hasil pertandingan berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Namun, lagi-lagi bakat Rooney yang pintar mencari ruang tembak benar-benar terlihat. Striker asal Inggris berhasil memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh lini pertahanan The Villans.

Sehingga tanpa menunggu waktu lama, ia pun langsung menendang bola dengan kaki kirinya yang berhasil mengalir dengan deras ke gawang kiper Aston Villa. Peter Enckelman.


3. Rooney vs Portsmouth

undefined

Lagi-lagi kepiawaian Rooney dalam mencari ruang tembak terbukti jitu. Laga ini terjadi sebelum Everton melawan Leicester City di musim yang sama pada artikel sebelumnya.

Namun, gol Rooney ini dapat dikatakan lebih baik daripada melawan Leicester City, karena tidak hanya berada dalam posisi yang tepat dan memanfaatkan kesalahan lini pertahanan lawan yang lengah.

Kala itu, para pemain Everton mencoba mengirimkan bola ke jantung pertahanan Portsmouth, namun para pemain bertahan Portsmouth dapat menjaga beberapa pemain Everton dengan baik.

Sayangnya, mereka tidak menjaga atau mungkin tidak melihat Rooney yang berada di dekat mereka, sehingga saat kiper Portsmouth saat itu, Nigel Martyn membuang bola, secara tiba-tiba Rooney langsung melepaskan tendangan keras melalui kaki kirinya.

Hebatnya lagi, gol dari Rooney tersebut juga memberikan kemennagan 2-1 ata Portsmouth, karena gol terjadi pada menit-menit akhir laga.


4. Rooney vs Charlton

undefined

Gol ini terjadi pada awal musim 2003/04 dan Rooney kembali menjadi penyelamat bagi Everton pada pertandingan ini, sebelumnya, Everton telah tertinggal 1-2 oleh Charlton.

Pada edisi golnya kali ini, Rooney memperlihatkan jika usia muda bukan berarti harus takut dengan penjagaan ketat yang dikerahkan oleh pemain lawan yang tentunya lebih senior dan memiliki tubuh lebih besar.

Kala itu, Rooney berhasil melewati para pemain bertahan Charlton Athletic dengan baik. Berawal dari menerima umpan dari Gary Naismith, Rooney muda berhasil mengontrol bola dengan tenang, kemudian melewati para bek Charlton, kemudian melepaskan tendangan yang tak dapat dihalau oleh kiper Charlton, Dean Kiely.


5. Rooney vs Blackburn

undefined

Selalu menjadi pahlawan, mungkin kata tersebut pantas diberikan kepada Rooney saat membela Everton pada periode pertamanya.

Kali ini, Rooney sukses menjadi pahlawan saat melawan Blackburn Rovers di pertengahan musim 2003/04 dengan memberikan kemenangan 2-1 untuk Everton.

Gol Rooney melawan Blackburn terbilang menakjubkan, karena ia berhasil berlari dan melewati hadangan dua pemain Blackburn Rovers sebelum akhirnya melepaskan bola hasil tendangan kerasnya yang tak mampu dicegah oleh kiper Blackburn, Brad Friedel.


6. Rooney vs Arsenal

undefined

Gol inilah yang mungkin dapat dikatakan sebagai gol terindah Rooney pada awal karier profesionalnya, termasuk bersama Everton.

Bagaimana tidak? Rooney yang kala itu baru menjalani debut di musim 2002/03 langsung melawan klub raksasa Arsenal pada bulan Oktober 2002.

Menariknya, Rooney langsung mencetak gol fantastis di menit akhir yang berujung kemenangan bagi Everton atas Arsenal dengan skor 2-1.

Gol yang diciptakan Rooney pun benar-benar luar biasa, karena tercipta dari luar kotak penalti dan langsung mampu menjebol gawang salah satu kiper terbaik Inggris yang juga kala itu sedang naik daun, David Seaman.

Tentunya gol dari Rooney yang satu ini tidak akan dilupakan, baik oleh sang pemain sendiri, maupun Everton dan para fans-nya.

ArsenalAston VillaWayne RooneyEvertonLeicester CityCharlton AthleticBlackburn RoversPortsmouthLiga Inggris

Berita Terkini