x

Paruh Musim Liga 1, Pemain Lokal Dominasi Chart Assist

Minggu, 6 Agustus 2017 14:23 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning

Gojek Traveloka Liga 1 telah sampai pada paruh musim. Memasuki pekan ke-18, meski kalah soal agresivitas mencetak gol, pemain lokal masih lebih baik ketimbang pemain asing di daftar assist.

Dua bomber masing-masing dari Madura United dan Bali United, Peter Odemwingie dan Sylvano Domique Comvalius, memang dominan di daftar top skor dengan lesakkan 13 gol.

Baca Juga

Tapi untuk assist, pemain asli Indonesia masih menjadi raja di negeri sendiri. Hal itu dibuktikan oleh salah satunya Slamet Nurcahyo.

Slamet berhasil membukukan delapan assists bagi Laskar Sape Kerrab. Ia juga menyumbangkan satu gol bagi timnya hingga paruh musim berjalan.

Slamet Nurcahyo (kanan).

Tak hanya itu saja, seakan telah berada pada peak performance, mantan pemain Persebaya Surabaya dan PSS Sleman itu juga memiliki catatan apik lainnya. Akurasi tembakan, umpan silang, serta operan dan juga tackle sangat baik dibandingkian pemain lainnya di Madura United.

Selain Slamet Nurcahyo, berikut daftar raja assists di Liga 1 Indonesia yang telah dirangkum INDOSPORT:


1. Boaz Solossa

Boas Solossa saat berseragam Persipura Jayapura.

Kontribusi nyata masih dipamerkan oleh Boaz Solossa. Striker Persipura Jayapura itu sejauh ini telah mencetak lima gol bagi tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut.

Boaz juga terbukti bisa bermain secara tim. Menengok ke catatan assist, pemain yang menyita perhatian pada ajang Piala Tiger 2004 silam itu berhasil membukukan tujuh assists.


2. Rizky Rizaldi Pora

Rizky Pora (Barito Putra).

Barito Putera sungguh beruntung memiliki Rizky Rizaldi Pora, atau biasanya cukup disingkat Rizky Pora. Pemain yang berposisi sebagai gelandang sayap itu telah mencatatkan enam gol bagi timnya.

Selain itu, ketajaman di lini serang juga terlihat dari jumlah assist yang telah ia bukukan. Hingga paruh musim, Rizky Pora sudah mengoleksi lima assists.


3. Bayu Gatra Sanggiawan

Selebrasi gol Greg Nwokolo yang disambut Bayu Gatra.

Selain Slamet Nurcahyo, tukang assist di Madura United juga disematkan kepada Bayu Gatra. Kecanggihannya di lini serang terlihat dari jumlah gol dan assist-nya.

Bayu membantu Odemwingie dan Greg Nwokolo memporak-porandakan gawang lawan dengan gelontoran lima assists. Tak hanya itu saja, ia juga sudah menciptakan tiga gol.


4. Septian David Maulana

Septian David Maulana (Mitra Kukar).

Tidak salah memang Septian David dipanggil Luis Milla ke dalam skuat Timnas U-22 di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 beberapa waktu lalu. Ia memang membuktikan kelasnya di level klub.

Sepanjang Liga 1 2017, Septian David sudah memberikan kontribusi besar berupa lima assists. Dua golnya juga menjadi bukti jika ia layak menyisir sisi kanan lawannya.


5. Febri Hariyadi

Febri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia.

Jika di kiri Mitra Kukar ada Septian David, Persib Bandung punya satu pemain lincah di diri Febri Hariyadi. Nama Febri sudah menarik atensi pencinta sepakbola nasional sejak tahun lalu.

Kini, di Liga 1, sinar terang pemain berusia 21 tahun itu semakin kinclong. Baru memainkan 9 pertandingan, Febri sudah mengoleksi empat assists.

Di laga terakhir melawan PS TNI, tiga gol yang bersarang di gawang lawan semuanya lahir dari umpan manis ke Michael Essien dan Raphael Maitimo.

Liga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini