x

3 Hal yang Bisa Buat Barcelona Pecundangi Real Madrid

Rabu, 16 Agustus 2017 15:10 WIB
Editor: Galih Prasetyo
Lionel Messi tertunduk lesu Kalah dari Real Madrid dengan skor 1-3.

Barcelona akan kembali menghadapi Real Madrid pada leg kedua Piala Super Spanyol di Stadion Bernabeu, Kamis dinihari, 17 Agustus 2017. Tertinggal agregat 1-3 di laga leg pertama, kemenangan jadi harga mati untuk Lionel Messi Cs. Meski bertindak sebagai tim tamu, Barcelona setidaknya sedikit diuntungkan karena megabintang El Real, Cristiano Ronaldo tak bisa bermain karena kartu merah. 

Baca Juga

Pasca kepergian stiker andalanya Neymar Jr, kemampuan lini depan Barcelona dipertanyakan. Gerard Deulofeu yang diposisikan menjadi pengganti Neymar nyatanya belum bisa bermain apik dengan Barcelona. Meskipun sudah mendatangkan Paulinho untuk memperkuat lini tengah, namun pemain ini kemungkinan belum masuk dalam skuad yang dipilih Valverde. 

Susunan Pemain Real Madrid vs Barcelona

Untuk bisa membalikkan keadaan dan bisa meraih kemenangan, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde harus melakukan 3 hal di racikan formasinya. Menciptakan lebih dari 3 gol ke gawang Real Madrid bukan perkara mudah untuk lini depan Barcelona, meski tidak ada yang tidak mungkin selama pertandingan masih berlangsung. Apa saja yang bisa dilakukan Valverde demi bisa meraih piala pertamanya di Barcelona? Berikut 3 hal yang bisa dilakukan Barcelona untuk mempecundangi Karim Benzema Cs di depan publik sendiri: 

Penulis: Fitriawan Nur Indrianto.

 

1. Mengoptimalkan trisula lini depan

Prediksi Real Madrid vs Barcelona.

Kehilangan Neymar terbukti membuat daya gedor lini depan Barcelona berkurang. Di laga pertama praktis hanya Lionel Messi yang membahayakan lini belakang Real Madrid serta mencetak gol dari titik putih. Di leg kedua, Valverde memang mau tak mau harus kembali mengoptimalkan trisula lini depan mereka. 

Meski Gerard Deulofeu masih bermain hambar di leg pertama, pemain Belgia ini jadi pilihan paling masuk akal bagi Valverde untuk membongkar lini belakang Real Madrid. Selain itu, jika melihat dari laga leg pertama seperti dikutip dari data whoscored.com (16/08/17), Luis Suarez sebenarnya memiliki banyak peluang untuk bisa mencipta gol, sayang penyelesaian akhir tidak tenang. Celah ini yang harus segera diperbaiki Valverde di lini depan. 


2. Antisipasi serangan balik

Gerard Pique, bek tengah Barcelona.

Kebobolan di laga kedua akan menjadi malapetaka besar bagi Barcelona. Oleh sebab itu, meski mefokuskan diri untuk pada penyerangan, lini belakang Barcelona harus bersiap-siap mengantisipasi setiap serangan Madrid. Gerard Pique Pique dan Samuel Umtiti harus bermain lebih fokus dan displin. 

Dalam pertandingan pertama, serangan dari kedua sayap Madrid berkali-kali membahayakan gawang Ter Stegen. Valverde juga harus memiliki solusi tepat untuk mengantisipasi serangan balik, pasalnya dua gol di leg pertama yang dicetak oleh Madrid merupakan hasil dari serangan balik.


3. Bermain taktis

Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

Salah satu kelebihan permainan Barcelona ialah permainan satu dua sentuhan yang cepat. Dalam taktik yang dijalankan, sebisa mungkin lini tengah memotong bola yang dimiliki lawan sehingga penguasaan dapat direbut kembali kemudian menyusun skema serangan cepat juga dengan satu dua sentuhan. 

Kerja lini tengah menjadi satu hal yang penting dalam permainan Barcelona. Andai Andres Iniesta tak dimainkan karena cedera, hal itu tentu menjadi kendala bagi Barcelona, karena melalui umpan-umpannya tak sedikit gol yang diciptakan. Denis Suarez atau Serge Roberto kemungkinan besar akan menggantikan posisi Iniesta. Denis Suarez merupakan pemain tipikal menyerang yang memiliki kemampuan memberikan umpan yang cukup baik. Ia bisa menggantikan posisi Iniesta guna memberikan peluang matang bagi lini depan Barcelona. 

Real MadridBarcelona

Berita Terkini