x

4 Pemain Bintang yang Harus Pindah Klub untuk Piala Dunia

Rabu, 30 Agustus 2017 18:22 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Olivier Giroud dan Diego Costa.

Tidak terasa pesta sepakbola seluruh dunia, Piala Dunia, hanya menyisakan kurang dari setahun lagi. Tepatnya pada 14 Juni 2018 nanti, Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di salah satu Negara Eropa, Rusia.

Pada edisi sebelumnya, Timnas Jerman berhasil mengukuhkan diri sebagai raja sepakbola dunia dengan menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil. Anak asuh Joachim Low kala itu berhasil meredam perlawanan Lionel Messi dkk dengan skor tipis, 1-0.

Kini, Jerman memiliki misi untuk menjadi timnas pertama dalam sepakbola era modern yang berhasil mempertahankan gelar juara Piala Dunia. Hal ini dinilai sulit, mengingat beberapa negara lainnya telah mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Baca Juga

Banyak nama-nama bintang dari berbagai negara yang bersinar bersama klub mereka masing-masing. Selain dua megabintang sepakbola saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, nama-nama seperti Neymar, Luis Suarez, Harry Kane, Paulo Dybala, hingga Romelu Lukaku pun siap membela negaranya masing-masing untuk menjadi yang terbaik di 2018 nanti.

Tidak hanya dari sektor penyerang, para pemain bertahan dan pemain tengah terkemuka pun siap membela negaranya untuk menjadi yang terbaik. David De Gea, Toni Kroos, Luka Modric, N’Golo Kante, hingga Victor Lindelof akan saling beradu untuk menyingkirkan satu sama lain.

Toni Kroos dan Luka Modric, dua gelandang terbaik di dunia.

Namun, tidak semua pemain-pemain bintang di timnasnya bersinar bersama klub yang mereka bela saat ini. Hal itu berpotensi membuat mereka tersingkir dari panggilan para pelatih timnas nantinya, karena minimnya jam terbang dan kepercayaan para pelatih dari klub yang mereka bela.

Tentunya, hal tersebut sangat disayangkan bila beberapa pemain bintang gagal membela negaranya masing-masing hanya karena minimnya jam terbang. Itu dapat berdampak pada euforia dalam pertandingan, karena minimnya nama-nama pemain bintang yang ikut serta di kejuaraan tersebut.

Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum pemain-pemain bintang mana saja yang harus pindah dari klub lamanya pada sisa-sisa bursa transfer musim panas ini, atau pada bursa transfer musim dingin mendatang. Hal ini dihimpun berdasarkan minimnya jam terbang serta kontribusi sang pemain bersama klub yang dibelanya.


1. Ross Barkley

Ross Barkley, gelandang serang Everton.

Gelandang berusia 23 tahun ini pada musim lalu menjadi pemain inti The Toffees dengan tampil sebanyak 39 laga di segala ajang resmi. Dari 39 laga tersebut, pemain bernomor punggung 8 ini berhasil mencetak setidaknya enam gol dan sembilan assists.

Namun, dalam tiga pertandingan terakhir Everton di Liga Primer Inggris musim ini, dirinya belum pernah diturunkan sama sekali. Hal ini tak lepas dari cedera yang dialaminya sejak 14 Agustus lalu.

Cedera hamstring yang dialaminya itu belum diketahui hingga kapan akan berakhir. Namun, banyak yang memprediksikan bahwa Barkley tidak akan terpilih menjadi yang utama kala sembuh dari cedera.

Pasalnya, posisinya telah digantikan oleh bintang baru mereka, Gylfi Sigurdsson. Pemain asal Islandia itu berhasil menampilkan permainan terbaiknya tatkala membawa Everton lolos ke fase grup Liga Europa musim depan.

Mau tak mau, bila ingin membela Skuat Tiga Singa, maka Barkley harus pindah klub pada musim dingin nanti demi meraih posisi utama.


2. Diego Costa

Diego Costa.

Penyerang asal Spanyol ini memang diwajibkan untuk pindah dari klubnya saat ini, Chelsea. Pasalnya, sang allenatore Antonio Conte enggan menggunakannya dalam mengarungi musim 2017/18.

Seperti yang kita ketahui, The Blues telah mendatangkan Alvaro Morata dari Real Madrid pada bursa transfer kali ini. Morata sendiri kini tengah on fire, dengan mencetak dua gol dan assists dalam tiga laga di Liga Primer Inggris.

Costa yang musim lalu menjadi andalan Chelsea dalam merengkuh gelar juara, diminati oleh beberapa klub besar seperti Atletico Madrid. Kabar terakhir, penyerang berusia 28 tahun itu diminati oleh Everton.


3. Olivier Giroud

Selebsari Olivier Giroud pasca mencetak gol penentu kemenangan Arsenal atas Leicester City.

Penyerang jangkung asal Prancis ini memang kerap dipanggil untuk membela Timnas Prancis. Namun, dirinya terancam tersingkir bila terus bersama Arsenal, mengingat Skuat Ayam Jantan kini telah dipenuhi oleh penyerang-penyerang bertalenta.

Selain Karim Benzema, ada Kylian Mbappe dan Thomas Lemar yang kini tenar di Tanah Eropa. Kedua pemain tersebut dapat menggeser posisi Giroud yang sejatinya jarang dimainkan sejak menit awal oleh Arsenal.

Bila Giroud pindah dan bermain secara reguler, bukan tidak mungkin dirinya akan terus dipanggil untuk membela Prancis. Belum lagi bila dirinya menampilkan permainan terbaik untuk klubnya tersebut.


4. Michy Batshuayi

Mitchy Batshuayi tampak lesu pasca Burnley mencetak gol pertama.

Batshuayi sempat menjadi gunjingan para pemerhati sepakbola saat dirinya masih membela klub Ligue 1 Prancis, Marseille. Chelsea yang kala itu kepincut, rela merogoh kocek dalam-dalam hingga 39 juga euro untuk pemain yang kala itu masih berusia 22 tahun, di tahun 2016.

Namun, semuanya berbeda ketika dirinya telah resmi berseragam Chelsea. Penyerang asal Belgia ini jarang mendapatkan jam bermain. Terhitung, dirinya hanya bermain sebanyak 20 laga di Liga Primer Inggris musim lalu, dengan hanya mencetak lima gol dan satu assist.

Dirinya akan kehilangan tempat di Belgia bila memutuskan untuk menetap di Chelsea. Dirinya hanya akan menjadi yang kedua setelah Morata. Sementara rekan setimnya di Belgia, Romelu Lukaku, Christian Benteke, dan Dries Mertens, menjadi pilihan utama di timnya masing-masing.

Diego CostaRoss BarkleyOlivier GiroudPiala Dunia 2018Michy BatshuayiBola Internasional

Berita Terkini