x

Fans Tewas, Paguyuban Suporter Timnas Indonesia Kritisi PSSI

Senin, 4 September 2017 17:56 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra

Awan mendung kembali bergelayut di langit persepakbolaan tanah air, Sabtu (02/09/17) lalu. Catur Yuliantono yang tengah mendukung Timnas Indonesia di laga uji coba melawan Fiji harus meregang nyawa.

Catur tewas usai terkena ledakan flare saat menyaksikan laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Hal ini pun menjadi sorotan para insan sepakbola Tanah Air.

Ignatius Indro, Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia.

Tak terkecuali bagi Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) yang merupakan salah satu wadah komunitas pendukung Timnas Indonesia. PSTI dalam rilis yang diterima INDOSPORT pun menyatakan duka mendalam atas musibah yang dialami oleh mendiang Catur.

Setidaknya ada 4 hal yang menjadi catatan kritis PSTI terkait insiden mengenaskan tersebut. Melalui Ignatius Indro, sang Ketua Umum, PSTI mengecam para pendukung yang berlaku membahayakan sesama suporter lain.

Baca Juga

PSTI juga ingin memastikan insiden yang menewaskan Catur bisa ditangani hingga tuntas. Hal ini berarti pihak kepolisian bisa menyeret dan mengadili pelakunya sesuai dengan hukuman yang berlaku.

Selain itu, ada dua kritik dari PSSI yang dilontarkan kepada PSSI. Menurut PSTI, PSSI harus bertanggung jawab dan memastikan bahwa pendukung bukan hanya sebagai objek dalam pertandingan sepakbola semata.

Suporter Timnas, Catur Yulianto yang tewas akibat terkena roket flare.

Berikut pernyataan lengkap PSTI terkait insiden maut yang menewaskan Catur:

1. Berdukacita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Catur Yuliantono yang merupakan salah satu suporter Timnas Indonesia.

2. Mengutuk keras perilaku suporter yang membahayakan keselamatan suporter dengan melakukan pelemparan petasan.

3. Meminta pihak berwajib untuk mengusut tuntas pelaku pelemparan petasan yang memakan korban jiwa tersebut.

4. Menuntut tanggung jawab pihak panitia penyelenggara dan juga PSSI atas masuknya benda-benda berbahaya seperti petasan ke dalam stadion. 

5. Menuntut PSSI sebagai induk organisasi sepakbola di Indonesia ke depannya lebih memperhatikan keamanan dan kenyamanan suporter, dan tidak menjadikan suporter hanya sebagai objek dalam kegiatan persepakbolaan Indonesia. 

PSTISuporter sepakbolaSuporterTimnas IndonesiaSuporter Pecinta Sepakbola NasionalLiga Indonesia

Berita Terkini